IBL

KETIKA Jepang sedang berupaya sekuat tenaga agar Olimpiade 2020 –yang digelar pada 2021– tetap terlaksana, Negara Bagian Florida, Amerika Serikat, mengajukan diri sebagai tuan rumah pengganti. Mereka sudah mengirimkan surat kepada Komite Olimpiade.

Rupanya, keberhasilan NBA melanjutkan kompetisi musim 2020 di dalam ”gelembung” di kompleks Disney World Resort dijadikan alat promosi pemerintah Florida. Kompleks Disney World Resort yang dipakai NBA itu ada di Orlando, Florida. Saat itu NBA berhasil menggelar lanjutan kompetisinya di dalam ”gelembung” dalam waktu sekitar tiga bulan.

Adalah Chief Financial Officer (CFO) Florida Jimmy Patronis yang mengirimkan surat pengajuan diri sebagai tuan rumah pengganti itu ke presiden Komite Olimpiade. Dalam suratnya, Patronis menyatakan, Florida siap menjadi tuan rumah jika Jepang memutuskan mundur dari penyelenggaraan Olimpiade 2020.

Selain keberhasilan NBA menggelar lanjutan kompetisi berbulan-bulan di dalam ”gelembung” di Florida, Patronis menyinggung keberhasilan Disney membuka kembali operasionalnya selama pandemi ini.

Selain itu, Patronis menyebutkan bahwa Florida telah mengizinkan sejumlah pelaksanaan olahraga selama pandemi. Ketika sebagian besar negara bagian menutup acara olahraga, justru Kota Jacksonville di Florida berani menjadi tuan rumah Ultimate Fighting Championship (UFC).

NBA sendiri kini juga sedang mengkaji kembali menggelar liganya di dalam "gelembung" di Orlando. Kajian itu dikemukakan karena ketika NBA menggelar liga secara normal, justru ada laga yang tertunda akibat Covid-19. Bukan hanya NBA, National Football League (NFL) juga berhasil dihelat di Florida.

”Selain itu, sejumlah tempat wisata internasional kami seperti Disney juga telah dibuka dan beroperasi dengan aman di Florida selama beberapa waktu belakangan,” ungkap Patronis.

Disney World Resort selama ini memang menjadi percontohan bagi tempat wisata lain di AS dalam menjalankan operasional di tengah pandemi Covid-19. Di dalam kompleks Disney World Resort itu ada ESPN Wide World of Sports Complex yang juga milik grup Disney.

Di ESPN Wide World of Sports Complex itu terdapat banyak arena dan lapangan pertandingan. Cocok untuk pergelaran olahraga multievent seperti Olimpiade. Disney World Resort juga memiliki hotel dan hunian lainnya yang bisa menampung tim-tim peserta Olimpiade.

Jika praktik ”gelembung” dijalankan di Olimpiade, sangat mungkin tanpa ada penonton. Selain itu, pengujian Covid-19 sering dilakukan. ”Kami punya banyak kapasitas hotel, jaringan transportasi. Di sini ada 20 bandar komersial, 31 sistem transit perkotaan, dan 12 universitas besar yang punya fasilitas olahraga lengkap berikut perawatan kesehatan terkenal di dunia,” tulis Patronis dalam suratnya.

Ada kemungkinan jika Florida akhirnya ditunjuk sebagai tuan rumah, pelaksanaan pertandingan tidak hanya di Disney World Resort. Tapi, juga dibagi di kompleks wahana lain yang terdapat fasilitas olahraganya. Misalnya, Universal Orlando dan SeaWorld. Namun, sampai saat ini, Komite Olimpiade belum berkomentar.(gun)

Komentar