IBL

Tim Nasional Amerika Serikat mengumumkan daftar 35 pemain untuk mengikuti pemusatan latihan di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, 25-27 Juli 2018 mendatang. Nantinya, 35 pemain ini akan disaring menjadi 12 pemain untuk berlaga di Piala Dunia 2019 di Cina dan Olimpiade 2020 di Jepang.

Amerika Serikat kini bertengger di peringkat satu Grup C dalam babak penyisihan Piala Dunia di Benua Amerika di atas Puerto Rico, Meksiko, dan Kuba. Mereka sudah menjalani empat laga dan selalu menang meski pemain-pemain yang turun bukanlah bintang NBA. Selama empat laga tersebut, Amerika Serikat diwakili 12 pemain dari NBA G League yang diasuh Jeff Van Gundy.

Dari 35 pemain yang diumumkan, hanya ada lima pemain yang merupakan nama baru dan belum pernah dipanggil mengikuti pemusatan latihan. Devin Booker, C.J. McCollum, Isaiah Thomas, Khris Middleton, dan Myles Turner adalah kelima pemain tersebut. Sisanya, dihuni pemain langganan pemusatan latihan bahkan beberapa di antaranya sudah pernah mewakili Amerika Serikat di beberapa ajang.

DeMarcus Cousins, Stephen Curry, Anthony Davis, DeMar DeRozan, Andre Drummond, James Harden, Klay Thompson, dan Kyrie Irving membawa Amerika Serikat juara Piala Dunia 2014 di Spanyol. Curry juga ikut ambil bagian saat Amerika Serikat menjuarai Piala Dunia 2010 bersama Kevin Durant, Eric Gordon, Kevin Love, dan Russell Westbrook. Ada pula nama sang megabintang LeBron James yang terakhir kali membela Amerika Serikat pada gelaran Olimpiade 2012 di London.

Pada dua gelaran mendatang, Amerika Serikat akan ditangani pelatih baru setelah Mike Krzyzewski mengundurkan diri seusai Olimpiade 2016 di Brazil. Pelatih yang menggantikan Krzyzewski adalah kepala pelatih San Antonio Spurs, Gregg Popovich.

“Pemilihan dan pengumuman 35 daftar pemain yang akan mengikuti pemusatan latihan Juli nanti adalah langkah pertama kami dalam usaha mempertahankan gelar juara di Piala Dunia dan emas di Olimpiade. Pemusatan latihan ini akan menjadi kesempatan bagi semua pihak yang terlibat untuk meneruskan budaya dan persaudaraan dalam tim nasional Amerika Serikat,” ujar Jerry Colangelo, direktur tim nasional Amerika Serikat sesuai siaran persnya.

“Kembalinya 30 pemain yang pernah mengikuti pemusatan latihan membuktikan pembinaan kami berlangsung tepat. Ditambah lima pemain baru yang masuk, tim ini akan bertahan untuk tiga tahun ke depan dan memperbanyak opsi kami dalam memilih pemain,” tutup Colangelo.

Foto: SLAM

Komentar