IBL

Menjadi duta untuk NBA sekaligus Under Armour membuat Stephen Curry memiliki jadwal yang cukup sibuk. Baru 10 hari setelah menjalani laga keenam final NBA 2019 yang dimenangi oleh Toronto Raptors, pemain yang akrab disapa Steph ini kini sudah berada di Jepang. Ia menjalani rangkaian tur promosi dan acara-acara lainnya.

Di tengah kesibukkannya tersebut, Steph lantas membuka wacana tentang bermain bagi tim nasional. Steph sendiri tidak menyatakan ketersediannya untuk membela tim nasional Amerika Serikat pada gelaran Piala Dunia FIBA 2019 yang akan digelar sekitar dua bulan lagi di Cina. Dalam perbincangan yang dirilis situs resmi NBA ini, bapak tiga anak ini berbicara mengenai peluangnya untuk bermain di Olimpiade 2020 yang akan digelar di Tokyo, Jepang.

“Saya tahu energi di sini (Tokyo) akan sangat luar biasa saat Olimpiade nanti,” bukanya. “Saya belum pernah bermain di Olimpiade. Sebelumnya, saya punya pengalaman membela tim nasional Amerika Serikat di dua gelara Piala Dunia. Namun saat berbicara Olimpiade, semua orang memiliki cerita yang berbeda. Tidak ada yang menandingi pengalaman bermain di Olimpiade,” tutupnya.

Terkahir kali Steph tampil membela Amerika Serikat terjadi pada Piala Dunia FIBA 2014 di Spanyol. Bersama deretan pemain seperti Kyrie Irving, Klay Thompson, James Harden, hingga Derrick Rose, Amerika Serikat tak terhentikan meraih medali emas. Hal serupa terjadi di penampilan perdananya bersama Amerika Serikat pada Piala Dunia 2010 di Turki.

Saat Amerika Serikat menggelar pemusatan latihan untuk Olimpiade 2016 Rio, Brasil, Steph terpaksa menarik diri. Kala itu, ia harus melakukan pemulihan cedera yang sempat mengganggunya di area engkel dan lutut. Tak sendiri, Steph kala itu ditemani oleh Anthony Davis, Blake Griffin, John Wall, dan LaMarcus Aldridge yang juga mengalami cedera dan mundur dari tim nasional. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar