IBL

Tim nasional (timnas) Kanada adalah salah satu tim yang cukup ditunggu penampilannya dalam gelaran Piala Dunia FIBA 2019 yang digelar di Cina. Pasalnya, tim ini bisa dibilang sedang memiliki generasi emas dengan deretan pemain yang beraksi di NBA dan Eropa.

Terbaru, timnas Kanada mengumumkan daftar 29 pemain yang mereka undang untuk mengikuti pemusatan latihan. Menariknya, satu nama NBA yang bahkan bisa dibilang sempat menjadi harapan besar Kanda justru tidak ada dalam daftar. Pemain tersebut adalah pemain Minnesota Timberwolves, Andrew Wiggins.

Diberitakan oleh Sportsnet, hilangnya nama Wiggins bukanlah karena Sang Pemain menolak untuk dipanggil. Namun, memang timnas Kanada sendiri yang memutuskan untuk tidak memanggil pemain berusia 24 tahun tersebut.

“Kami sudah berbincang dengannya (Wiggins). Pembicaraan ini berujung pada kesimpulan bahwa ini bukanlah saat yang tepat untuknya bermain bagi timnas Kanada,” ujar Rowan Barret, manajer umum timnas Kanada. “Kami menghargai pembicaraan itu dan mulai dari sekarang kami akan berfokus menghadapi Piala Dunia dan berjuang dengan pemain lain yang kami punya.”

Wiggins sendiri sudah cukup lama absen membela Kanada. Terkahir kali ia tampil untuk timnas Kanada terjadi pada 2015 lalu. Kala itu, ia membawa Kanada meraih medali perunggu di ajang FIBA Americup 2015.

Dari 29 nama yang dipanggil, 17 di antaranya bermain di NBA. Jamal Murray yang menjalani musim sensasional dengan Denver Nuggets masuk dalam daftar. Juara NBA satu kali, Tristan Thompson juga ada dalam daftar. Kelly Olynyk, Dwight Powell, Nik Stauskas, hingga Cory Joseph yang sudah berlabel veteran di NBA juga dipanggil.

Dari deretan pemain muda, pilihan ketiga NBA Draft 2019, R.J. Barrett menjadi yang paling utama. Ruki New Orleans Pelicans yang tampil memukau di NBA Summer League 2019, Nickeil Alexander-Walker, dan MVP NBA Summer League, Brandon Clarke juga tersedia. Chris Boucher yang baru saja menjadi juara dengan Toronto Raptors turut serta di daftar ini.

Timnas Kanada yang dilatih oleh Kepala Pelatih Raptors, Nick Nurse, akan melakoni sederet uji coba di awal Agustus nanti. Terdekat, pada tanggal 7 dan 9 Agustus nanti, mereka akan menghadapi Nigeria. Lalu, tim ini akan bertolak ke Australia untuk melakoni laga uji coba melawan Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat sebelum berangkat ke Cina.

Di Piala Dunia FIBA 2019, Kanada akan menempati grup H. Gim pertama mereka di Piala Dunia akan digelar 1 September dengan menghadapi Australia. Selain Australia, tim ini juga akan menghadapi Senegal dan Lithuania yang berada di grup yang sama. (DRMK)

Foto: NBA

 

 

Komentar