IBL

Dalam setiap gelaran turnamen basket antarnegara, Amerika Serikat bisa dibilang selalu menjadi musuh bersama. Kekuatan dan dominasi yang sudah terbangun dalam jangka waktu lama membuat banyak negara lain berupaya menjatuhkan mereka. Selain itu, Amerika Serikat juga selalu berhasil mengundang banyak penonton karena kehadiran deretan bintang NBA yang selama ini hanya mampu dilihat dari layar kaca.

Namun, para penonton yang akan hadir di Piala Dunia FIBA 2019 Cina harus sedikit kecewa. Pasalnya, dalam gelaran empat tahunan ini, Amerika Serikat tidak akan diperkuat beberapa bintangnya. Setelah Klay Thompson dan Anthony Davis menarik diri, kabar terbaru menyebutkan bahwa James Harden ikut melakukan hal serupa.

Dilansir Houston Chronicle, James sudah mengungkapkan pengunduran dirinya secara langsung kepada Kepala Pelatih timnas Amerika Serikat, Gregg Popovich. James beralasan ingin fokus memperbaiki performa dirinya dan kesiapan Houston Rockets menghadapi musim baru.

Ini bukan kali pertama James absen dari pemanggilan timnas Amerika Serikat. Di sisi lain, ia juga sudah memiliki prestasi apik dengan timnas kala membawa medali emas di gelaran Olimpiade 2012 London dan Piala Dunia FIBA 2014 di Spanyol.

Hal ini sendiri dinilai banyak media Amerika Serikat sebagai sesuatu hal wajar. Apalagi, jika pemain tersebut adalah tumpuan utama tim mereka. James selalu finis di dua besar perebutan gelar MVP dalam empat musim terkahir, termasuk saat ia menjadi MVP di musim 2017-2018. Dalam kurun waktu yang sama, James juga hanya absen 15 gim.

Di samping itu, dua rekan setim James di Rockets sepertinya masih akan mengikuti pemusatan latihan timnas Amerika Serikat. Kedua pemain tersebut adalah Eric Gordon dan P.J. Tucker. Pemusatan latihan itu sendiri akan dimulai pada 5 Agustus 2019, waktu setempat, di Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar