IBL

Tim nasional basket putra Amerika Serikat bergerak cepat menatap Olimpiade Tokyo 2020. Melalui situs resmi federasi, Amerika Serikat baru saja mengumumkan deretan pemain yang mengisi kolam pemain mereka untuk Olimpiade Tokyo 2020. Total ada 44 nama pemain yang diumumkan dan semuanya bermain di NBA.

LeBron James jadi nama paling disorot di daftar ini. Selain fakta bahwa James adalah pemain paling senior di daftar, ia juga jadi pemain paling berpengalaman di Olimpiade. James sudah tercatat tampil di tiga Olimpiade untuk Amerika Serikat dan pulang dengan dua medali emas. Pemain Los Angeles Lakers ini juga tercatat sebagai pemain dengan total penampilan terbanyak untuk Amerika Serikat di daftar dengan 68 gim.

Selain James, megabintang NBA lainnya seperti Stephen Curry, James Harden, Kevin Durant, Kyrie Irving, Russell Westbrook, dan Anthony Davis juga ada di daftar. Jika dikelompokkan berdasar tim asalnya, maka ada 21 tim NBA yang menyumbang pemain. Lakers dan Boston Celtics jadi dua tim dengan sumbangsih pemain terbanyak usai masing-masing tim mengirim lima nama dalam daftar.

Jika dibongkar lebih dalam lagi, maka daftar ini benar-benar berisikan skuat yang bisa dibilang sangat serius dari Amerika Serikat. Sembilan dari 12 nama peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 ada di daftar. Tujuh pemain (termasuk LeBron James) dari tim Olimpiade 2012 Tokyo juga masuk skuat. Lalu, seluruh pemain yang berlaga di Piala Dunia FIBA 2019 Cina juga ada.

“Ini adalah langkah pertama timnas Amerika Serikat untuk menyeleksi 12 pemain yang akan tampil di Olimpiade 2020 Tokyo,” ujar Jerry Colangelo, direktur timnas Amerika Serikat dalam rilis resmi tim. “Komitmen, hasrat, dan semangat dari para atlet untuk membela timnas Amerika Serikat benar-benar luar biasa. Semua pemain yang ada di daftar ini adalah pemain yang benar-benar cemerlang dan memberikan kami keleluasaan dan kedalaman skuat. Lalu, kumpulan pemain ini juga bervariasi dari mereka yang sangat berpengalaman hingga calon bintang basket internasional,” lanjut pria yang sudah menjabat jadi direkur timnas Amerika Serikat sejak 2005 ini.

Amerika Serikat tampaknya tak akan setengah-setengah lagi di Olimpiade nanti. Tim yang diasuh Gregg Popovich ini sudah harus menelan pil pahit usai hanya finis di urutan ketujuh Piala Dunia FIBA 2019 Cina. Di gelaran tersebut, Amerika Serikat tak turun dengan tim yang berpengalaman dan berpusat pada darah-darah muda seperti Jayson Tatum, Jaylen Brown, dan Donovan Mitchell. (DRMK)

Berikut 44 nama pemain timnas Amerika Serikat untuk Olimpiade 2020 Tokyo

Bam Adebayo, Miami Heat

LaMarcus Aldridge, San Antonio Spurs

Harrison Barnes, Sacramento Kings

Bradley Beal, Washington Wizards

Devin Booker, Phoenix Suns

Malcolm Brogdon, Indiana Pacers

Jaylen Brown, Boston Celtics

Jimmy Butler, Miami Heat

Mike Conley, Utah Jazz

Stephen Curry, Golden State Warriors

Anthony Davis, Los Angeles Lakers

DeMar DeRozan, San Antonio Spurs

Andre Drummond, Cleveland Cavaliers

Kevin Durant, Brooklyn Nets

Paul George, L.A. Clippers

Draymond Green, Golden State Warriors

James Harden, Houston Rockets

Montrezl Harrell, L.A. Clippers

Joe Harris, Brooklyn Nets

Tobias Harris, Philadelphia 76ers

Gordon Hayward, Boston Celtics

Dwight Howard, Los Angeles Lakers

Brandon Ingram, New Orleans Pelicans

Kyrie Irving, Brooklyn Nets

LeBron James, Los Angeles Lakers

Kyle Kuzma, Los Angeles Lakers

Kawhi Leonard, L.A. Clippers

Damian Lillard, Portland Trail Blazers

Brook Lopez, Milwaukee Bucks

Kevin Love, Cleveland Cavaliers

Kyle Lowry, Toronto Raptors

JaVale McGee, Los Angeles Lakers

Khris Middleton, Milwaukee Bucks

Donovan Mitchell, Utah Jazz

Victor Oladipo, Indiana Pacers

Chris Paul, Oklahoma City Thunder

Mason Plumlee, Denver Nuggets

Marcus Smart, Boston Celtics

Jayson Tatum, Boston Celtics

Klay Thompson, Golden State Warriors

Myles Turner, Indiana Pacers

Kemba Walker, Boston Celtics

Russell Westbrook, Houston Rockets

Derrick White, San Antonio Spurs

Foto: USA Basketball

 

Komentar