IBL

Usai merilis deretan tim olahraga termahal di dunia, seperti biasa Forbes juga menyusulnya dengan artikel deretan pemain dengan pendapatan terbanyak di dunia. Dalam kategori tim, ada 50 nama yang masuk daftar. Sementara untuk deretan atlet ini, Forbes memasukkan 100 nama pemain.

Atlet-atlet yang masuk daftar ini juga tidak hanya dihitung secara gajinya sebagai atlet saja. Pendapatan mereka baik dari hadiah uang (beberapa cabang olahraga seperti tinju dan golf) dan pendapatan dari spnsor juga masuk hitungan. Sejak 30 tahun lalu membuat daftar ini untuk pertama kalinya, pegolf, Tiger Woods tercatat sebagai atlet yang paling sering menempati peringkat satu. Total 12 kali ia menjadi atlet dengan pendapatan terbanyak di dunia.

(Baca juga:Knicks, Lakers, dan Warriors Masuk 10 Besar Tim Olahraga Termahal di Dunia)

Dalam daftar tahun 2019 ini, tiga urutan pertama ditempati oleh tiga pesepakbola paling mahsyur di dunia. Lionel Messi menjadi yang teratas dengan total pendapatan AS$127 juta. Rinciannya, ia mendapatkan bayaran AS$92 juta dan dari sponsor AS$35 juta.

Seteru abadinya, Cristiano Ronaldo berada di peringkat dua dengan AS$109 juta. Pemain yang pindah ke Juventus musim lalu ini mendapatkan bayaran sebagai pemain sebesar AS$65 juta dan dari sponsor AS$44 juta. Neymar menjadi penerus keduanya dengan pendapatan sebesar AS$105 juta.

Setelah tiga pesepakbola, daftar ini diisi oleh petinju asal Meksiko, Canelo Alvarez. Canelo total memiliki pendapatan AS$94 juta dengan hanya AS$2 juta yang berasal dari sponsor. Petenis senior, Roger Federer (AS$93,4 juta) berada di urutan keenam disusul oleh dua quarterback NFL Russell Wilson (AS$89,5 juta) dan Aaron Rodgers (89,3 juta).

Pemain NBA akhirnya masuk dalam daftar. Menariknya, tiga nama langsung berurutan sejak peringkat 7-10. Megabintang Los Angeles Lakers, LeBron James berada di peringkat delapan, atau pertama dari seluruh pemain NBA. Ia memperolehn total pendapatan AS$89 juta yang AS$53 juta di antaranya datang dari sponsor.

Stephen Curry dan Kevin Durant yang menempati peringkat 9 & 10 juga memiliki rincian pendapatan yang sama dengan LeBron, penghasilan dari sponsor yang lebih tinggi. Steph meraup penghasulan total AS$79,8 juta dengan AS$42 juta di antaranya datang dari sponsor. Sementara KD mendapatkan total AS$65,4 juta dengan AS$35 juta berasal dari sponsor.

Jika melihat lebih dalam ke daftar, maka ada total lima pemain NBA yang masuk di 20 besar. Jumlah tersebut adalah yang terbanyak ketimbang cabang olahraga lainnya. Selain tiga nama yang sudah disebut, ada nama duo baru Houston Rockets yang masuk daftar. Russell Westbrook menempati urutan 16 dengan  AS$ 53,7 juta sementara James Harden tepat di urutan ke-20 dengan AS$47,7 juta.

Secara keseluruhan, ada total 35 nama pemain NBA di daftar ini yang jika ditotal menghasilkan pendapatan AS$1,3 miliar. Salah satu penyebab banyaknya nama pemain NBA di sini adalah peningkatan batas ruang gaji tiap tim. Di sisi lain, terdapat 62 nama di daftar ini yang berasal dari dua olahraga dan dua liga, NBA dan NFL. (DRMK)

Foto: NBA

 

 

Komentar