IBL

Nama LeBron James dan Stephen Curry sebagai dua tokoh besar di NBA dan basket dunia tak perlu diragukan lagi. Di era ini, NBA dan basket bisa dibilang menjadi milik mereka. Semakin terbukti dengan keberhasilan dua bintang ini tampil dalam empat edisi final NBA secara beruntun. James malah lebih menggila, dia belum pernah gagal lolos ke final dalam delapan musim terakhir.

Keberhasilan keduanya mendominasi basket, dibarengi dengan keberhasilan mereka meraup pundi-pundi uang. Dalam rilis terbaru Forbes Rabu malam 6 Juni 2018, waktu setempat, James dan Curry masuk dalam daftar 10 besar atlet dengan pendapatan tertinggi di dunia. Keduanya menjadi wakil dari cabang basket yang masuk dalam daftar ini.

James berada di peringkat enam dengan total pendapatan mencapai AS$85 juta. Bayaran tersebut terbagi dengan AS$33,5 juta berasal dari bayaran Cleveland Cavaliers dan AS$52 juta berasal dari sponsor. Salah satu sponsor terbesar James adalah penyedia perlengkapan olahraga asal Amerika, Nike. Selain itu, Bapak tiga anak ini juga tercatat menjadi duta dari perusahaan makanan cepat saji, McDonald dan Blaze Pizza.

Curry berada dua tingkat di bawah James dengan total pendapatan AS$76,9 juta. Bapak dua anak ini mendapatkan AS$34,9 juta dari perpanjangan kontraknya dengan Golden State Warriors dan AS$42 juta dari sponsor. Curry diketahui menjadi duta utama dari Under Armour, penyedia perlengkapan olahraga yang juga berasal dari Amerika Serikat. Selain itu, Curry terikat kontrak dengan salah satu perusahaan otomotif, Nissan.

Petinju, Floyd Mayweather Jr.  menjadi pemuncak daftar dengan total pendapatan AS$285 juta. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, dua penguasa sepak bola menyusul di peringkat dua dan tiga. Conor McGregor yang menjadi lawan tanding Mayweather tahun lalu menempati peringkat empat. Sementara Neymar Jr., yang beraski di lapangan sepak bola ada di peringkat lima.

Ada tiga pemain NBA lainnya yang masuk dalam daftar 20 besar. Kevin Durant berada di peringkat 11 dengan total pendapatan AS$57,3 juta. Mantan rekan setimnya di Oklahoma City Thunder, Russell Westbrook berada di peringkat 13 dengan AS$47,6 juta. Uniknya, satu nama yang tersisa juga pernah bermain untuk Thunder. James Harden tepat berada di belakang Westbrook dengan AS$46,6 juta.

Foto: SB Nation

 

 

Komentar