IBL

Tak sampai 24 jam setelah James Harden mengundurkan diri dari tim nasional (timnas) Amerika Serikat, rekan setimnya di Houston Rockets menyusul langkahnya. Eric Gordon adalah pemain yang menyusul penarikan diri James dengan alasan yang sama, ingin fokus kepada persiapan Rockets jelang musim yang baru. Kabar ini pertama kali disampaikan oleh The Athletic melalui salah satu kontributornya, Shams Charania.

Dengan pengunduran diri Eric dan James, maka hanya P.J. Tucker, pemain Rockets yang tersisa dalam daftar panggil pemusatan latihan Amerika Serikat. Namun, melihat kedekatan pemain-pemain ini di dalam dan di luar lapangan, bukan tidak mungkin PJ akan mengikuti langkah kedua temannya.

Hal ini membuat timnas Amerika Serikat kini hanya memiliki 17 dari 20 nama yang mereka panggil pada bulan Juni lalu. Sebelum Eric dan James, sebelumnya ada nama bintang baru Los Angeles Lakers, Anthony Davis, yang juga menarik diri. Alasannya pun serupa, ia ingin fokus dengan tim barunya guna menghadapi musim baru.

Jika Amerika Serikat tak mengganti tiga nama tersebut, maka persaingan untuk merebut 12 nama final yang akan dibawa ke Piala Dunia FIBA 2019 di Cina akan semakin mengecil. Jika melihat posisi Eric sebagai seorang 3D, maka di skuat mereka masih ada nama Khris Middleton, Bradley Beal, dan Donovan Mitchell. Sementara melihat peran Harden, Amerika Serikat masih bisa mengandalkan Damian Lillard, C.J. McCollum, Kyle Lowry, hingga Kemba Walker.

Dari sisi Rockets, mereka benar-benar tampak serius membangun skuat terbaik demi prestasi yang lebih baik musim depan. Dalam beberapa musim terakhir, Rockets selalu berada di bawah baying-bayang Golden State Warriors sebagai dua tim terkuat di Wilayah Barat. Bahkan, mereka kini semakin terancam dengan semakin membaiknya penampilan Denver Nuggets.

Musim depan, seiring perombakan besar-besaran dua tim Los Angeles, posisi Rockets di peta persaingan Wilayah Barat bisa jauh lebih terancam. Kedatangan Russell Westbrook juga membuat Rockets butuh menyesuaikan strategi mereka musim depan. Meski yakin akan menjadi lebih baik dan tidak aka nada masalah menempatkan James dan Russell berduet di lapangan depan, penyesuaian jelas harus dilakukan oleh Rockets sebelum musim dimulai. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar