IBL

Rabu, 20 Januari 2021, waktu setempat Los Angeles Clippers menghadapi Sacramento Kings di Staples Center, Los Angeles, California, Amerika Serikat. Berbekal empat kemenangan di gim selanjutnya. Clippers sempat disulitkan oleh Kings di awal laga. Namun, di kuarter dua dan tiga, tim asuhan Tyronn Lue ini berhasil menemukan ritme permainan mereka dan membangun keunggulan besar hingga menang telak 115-96.

Akurasi dan pertahanan apik menjadi kunci Clippers mendominasi pertandingan ini. Akurasi mereka secara keseluruhan menyentuh 48 persen (41/86) sedangkan Kings berjarak dua tembakan (39/86) atau setara dengan 45 persen. Namun, dari tembakan gratis, perbedaan baik secara akurasi dan frekuensi menjadi pembeda terbesar.

Clippers 18 kali menembak tanpa gangguan lawan dan hanya gagal satu kali (94 persen) sedangkan Kings hanya 12 kali mencoba dan gagal tujuh kali (42 persen). Pertahanan Clippers juga sangat agresif. Dari total 18 turnover yang dilakukan oleh Kings, 14 di antaranya tercatat sebagai steal.

Menariknya, 6 dari 14 steal tersebut datang dari seorang Kawhi Leonard. Selain memberi dampak besar dalam bertahan, Kawhi juga memimpin daftar top skor gim ini dengan 32 poin yang juga ditambahkan 3 rebound dan 5 asis. Kawhi memasukkan 13/22 tembakan (59 persen). Menyusul kemudian adalah Paul George dengan dobel-dobel 19 poin, 7 rebound, dan 12 asis. Ivica Zubac juga dobel-dobel dengan 11 poin dan 12 rebound selama 22 menit dari bangku cadangan sedangkan Nic Batum menutup daftar juga dengan 11 poin.

Hasil lima kemenangan beruntun ini membuat Clippers berhasil menggeser rival sekota mereka, Los Angeles Lakers dari puncak klasemen sementara Wilayah Barat. Keduanya sama-sama menorehkan 11 kemenangan dari 15 gim, namun Clippers unggul secara head to head karena memenangi duel perdana kedua tim yang terjadi di malam pembuka.

 Sebaliknya untuk Kings, kekalahan ini semakin memperdalam luka mereka. Kings selalu kalah dalam empat gim terakhir dan terlempar ke peringkat 13 klasemen yang sama. Kings hanya menorehkan lima kemenangan dari 15 gim. Dua tim yang lebih buruk dari Kings adalah Houston Rockets dan Minnesota Timberwolves.

Kings akan kembali ke kandang untuk gim selanjutnya menghadapi New York Knicks, lusa, waktu setempat. Di hari yang sama, Clippers masih akan menjadi tuan rumah untuk menjamu Oklahoma City Thunder. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar