IBL

NBA tampaknya tak mau ikut campur dengan urusan Brooklyn Nets dan Kyrie Irving. Itu menjadi ranah internal masing-masing klub. Nets dinilai tidak melakukan pelanggaran aturan, seperti sengaja menyembunyikan pemain. NBA menilai, Nets sudah berusaha agar Irving bisa kembali bermain.

Kyrie Irving sudah absen dua laga, yaitu melawan Philadelphia 76ers kemarin, dan hari ini melawan Memphis Grizzlies. Tetapi absennya Irving tidak ada kaitannya dengan pelanggaran aturan NBA. Nets dianggap tidak dengan sengaja mengistirahatkan pemain. Jadi menurut Kristian Winfield dari Daily News, NBA tidak akan mengeluarkan sanksi untuk Nets dan Irving. Bila ingin ada hukuman terhadap pemainnya, Nets harus melakuannya sendiri.

Sementara itu, sebelum pertandingan melawan Grizzlies, Nash menyatakan bahwa dia sudah tahu apa alasan Irving tidak mau tampil. Tetapi karena sudah terjadi kesepakatan antara mereka beruda, maka Nash tidak ingin membocorkannya.

"Kami hanya akan menyimpan rahasia di antara kami berdua. Itu masalah pribadi, maka saya akan merahasiakan dan menghormati privasi Irving," kata Nash, kepada Michael Scotto dari USA Today.

Situasi serupa pernah terjadi di Houston Rockets awal musim lalu. James Harden tidak muncul di kamp pelatihan. Mengetahui hal tersebut, liga juga tidak melakukan intervensi, dan tidak memberi denda kepada klub atau pemain. Irving berada dalam situasi yang sama dengan Harden. Ini menjadi ranah internal masing-masing klub.

"Saya mendapatkan balasan dari Kay, tapi saya ingin merahasiakan semua itu. Saya juga belum tahu apa yang akan terjadi hari Minggu nanti. Tapi kami akan mendapatkan kepastian sebelum pertandingan itu tiba," imbuh Nash.

Alasan pribadi Irving juga tidak jelas. Banyak spekulasi tentang hal tersebut. Ada yang bilang, absennya Irving terkait protes terhadap perkembangan kasus Jacob Blake. Ada pula yang menyebut bahwa Irving tidak mau bermain lantaran mengecam demontrasi di Washington DC. Sampai saat ini belum jelas apakah Irving akan turun pada pertandingan hari Minggu, melawan Oklahoma City Thunder. (tor)

Foto: Philadelphia Tribune

Komentar