IBL

Bukan rahasia lagi bila NBA mengalami kerugian jutaan dolar karena memainkan pertandingan tanpa penonton. Karenanya NBA mulai mencari saluran-saluran baru untuk menambal keuangan mereka. Salah satunya tentang ekspansi liga yang selama ini tidak pernah dibahas. Setelah NBA mengumumkan bahwa mereka akan melakukan itu, rumor yang muncul adalah kebangkitan Seattle SuperSonics.

Komisioner Adam Silver membuka kesempatan kepada investor yang ingin memiliki tim NBA. Syaratnya yaitu membayar biaya ekspansi NBA sebesar AS$2,5 miliar. Kemudian, Seattle SuperSonics langsung muncul sebagai tim yang kemungkinan besar bisa dibangkitkan kembali.

SuperSonics berdiri di Seattle sejak tahun 1967. Mereka pernah menjadi juara NBA di tahun 1979. Kemudian ada perselisihan yang membuat tim tersebut pindah dari Seattle pada tahun 2008. Pihak yang berselisih paham saat itu adalah Walikota Greg Nickels, pemilik klub Clay Bennett, dan Komisioner NBA mendiang David Stern.

Bennett membeli SuperSonics dan Storm (WNBA) dari Howard Schultz seharga AS$350 juta. Ternyata Bennett, Schultz, dan Stern sama-sama mengeluhkan kualitas KeyArena, Seattle. Bennett meminta kepada Walikota Greg Nickels untuk mengucurkan dana sebesar AS$500 juta untuk memperbaiki KeyArena.

Permintaan Bennett ditolak, dan pengusaha asal Oklahoma City tersebut meminta izin NBA untuk pindah dari Seattle. Setelah mendapatkan pesetujuan dari NBA, Bennett akhirnya memboyong SuperSonics, yang sudah menjadi bagian dari kota Seattle selama 41 tahun, ke Oklahoma City. Kemudian pada NBA musim 2008-2009, mereka resmi menggunakan nama Oklahoma City Thunder.

Rumor kebangkitan SuperSonics tidak berhembus tanpa sebab. Berita itu memanas setelah Walikota Seattle, Jenny Durkan mengungkapkan keinginan untuk memilik tim NBA. Durkan menyampaikan hal tersebut saat melakukan wawancara dengan King 5. Dunkan sudah berbicara dengan Adam Silver untuk meminta liga segera datang ke Seattle. Tujuannya agar mereka bisa menunjukkan keseriusan untuk memiliki tim NBA lagi.

"Saya pernah bertemu dengannya (Adam Silver) beberapa kali," kata Durkan. "Kami tidak ingin mendahului liga. Tapi saya jujur padanya. Seattle ingin menjadi bagian dari NBA lagi."

Walikota Seattle Jenny Durkan ingin kotanya punya tim NBA lagi. (Sumber: sonicsrising.com)

Soal arena pertandingan, Seattle kini sudah punya Climate Pledge Arena. Arena senilai AS$1 miliar yang dibangun di Seattle Center itu akan dibuka pada pertengahan tahun 2021 nanti. Arena ini akan jadi rumah tim Seattle Kraken (NHL), dan Seattle Storm (WNBA). Tim Leiweke selaku CEO Oak View Group, perusahaan yang membangun gedung tersebut, berkata bahwa arena ini bisa digunakan untuk pertandingan NBA. Leiweke mengaku perusahaannya sudah menghabiskan AS$50 juta untuk menyesuaikan desain arena sesuai dengan syarat-syarat NBA.

"Kami tidak ingin mendahului liga. Tetapi kami yakin Adam Silver tahu bahwa Seattle bukan pasar baru di basket NBA. Seattle punya penggemar basket yang bagus. Tanya saja Kevin Durant," kata Leiweke, pada hari Kamis, waktu Amerika Serikat.

Menariknya, Tim Leiweke inilah yang ternyata bisa jadi investor di tim basket Seattle. Faktyaya, Tim adalah kakak dari Tod Leiweke, CEO Seattle Kraken, yang juga pemilik Vulcan Sports Entertainment. Perusahaan olahraga yang pernah mengelola Seattle Seahawks (NFL) dan Portland Trail Blazers (NBA). Walikota Jenny Durkan dengan tegas mengatakan bahwa keluarga Leiweke adalah investor yang berpotensi membawa tim NBA ke Seattle.

"Menurut saya, keluarga Leiweke punya pengalaman," kata Durkan. "Tim Leiweke pernah terlibat di sejumlah organisasi olahraga. Sekarang hanya tinggal kesediaan mereka saja. Kalau memang bisnis ini menguntungkan, pasti mereka akan melakukannya. Mimpi Seattle memiliki klub NBA akan segera jadi kenyataan."

Tim Leiweke (kiri) bersama Walikota Seattle Jenny Durkan. (Sumber: cbc.ca) 

Seattle SuperSonics adalah yang menjadi bagian perjalanan karier seorang Kevin Durant. Dia diambil oleh SuperSonics dari Draft NBA 2007. Durant bermain 80 pertandingan di musim debutnya dengan catatan rata-rata 20,3 poin, 4,4 rebound, dan 2,4 asis per pertandingan. Pada tahun 2018, pertandingan pramusim antara Golden State Warriors melawan Sacramento King berlangsung di Seattle. Durant datang memakai seragam legenda SuperSonics, Shawn Kemp. Dalam sambutannya, Durant berharap agar NBA bisa kembali ke Seattle lagi. Bukan hanya semalam, tetapi untuk selama-lamanya. (tor)

Foto: Bleacher Report

Komentar