IBL

Duel bintang asal Eropa tersaji di Pepsi Center, Denver, Colorado, Amerika Serikat, kala Dallas Mavericks bertamu ke Denver Nuggets, Kamis, 7 Januari 2021. Adalah bintang asal Slovenia yang membela Mavericks, Luka Doncic, melawan Nikola Jokic, pemimpin Nuggets asal Serbia yang menjadi sorotan utama gim ini. Doncic akhirnya keluar sebagai pemenang seiring keberhasilan Mavericks menutup gim yang berlangsung hingga tambahan waktu ini dengan skor 124-117.

Kedua pemain ini benar-benar menjadi kunci permainan. Pertandingan bisa berakhir lima menit lebih cepat andai tembakan Jokic di detik-detik pertandingan tak menemui sasaran. Tembakan jarak menengah yang bertepatan dengan waktu habis tersebut memaksa gim lanjut ke tambahan waktu. DI tambahan waktu, Nuggets sebenarnya masih berpeluang mengejar Mavericks. Namun, di sisa 33 detik pertandingan, Doncic membuat Nuggets harus menyerah setelah tembakan jarak menengahnya membuka jarak menjadi lima poin.

Doncic menutup gim dengan nyaris tripel-dobel 38 poin, 9 rebound, 13 asis, dan 4 steal. Doncic memang tak cukup bagus dari tripoin (2/7), namun secara keseluruhan, ia berhasil memasukkan 13 dari 22 tembakannya (59 persen) dan 10/15 dari tembakan gratis (67 persen). Catatan tersebut sudah cukup untuk membawa Mavericks menang.

Di luar Doncic, tidak ada pemain Mavericks yang mencetak lebih dari 14 poin. Josh Richardson dan Dorian Finney-Smith sama-sama mencetak 14 poin. Tim Hardaway Jr. menambahkan 11 poin sedangkan Boban Marjanovic yang bermain 16 menit membukukan 12 poin plus 3 rebound.

Jokic pun memiliki jumlah poin yang sama dengan Doncic yakni 38 poin. Jokic menambahkan 11 rebound untuk melengkapi dobel-dobelnya. Sempat kesulitan menemukan akurasinya di awal laga, Jokic menutup gim dengan memasukkan 14 dari 31 tembakan (45 persen). Jamal Murray membantu dengan 21 poin plus 9 asis. Gary Harris mencetak 15 poin, Monte Morris 11 poin, sedangkan JaMychal Green mencetak 10 poin plus 9 rebound.

Ini jadi kemenangan keempat Mavericks musim ini dari delapan gim. Tim asuhan Rick Carlisle duduk di peringkat 10 klasemen sementara Wilayah Barat. Di papan klasemen yang sama, Nuggets ada satu peringkat di bawah Mavericks dengan rekor (3-5). Mavericks akan kembali ke kandang untuk menjamu Miami Heat, empat hari lagi. Di hari yang sama, Nuggets juga bertindak sebagai tuan rumah menjamu kedatangan Boston Celtics. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar