IBL

Phoenix Suns jumpa Toronto Raptors dalam lanjutan laga NBA, Rabu, 6 Januari 2021, waktu setempat, Bertindak sebagai tuan rumah di PHX Arena, Phoenix, Arizona, Amerika Serikat, Suns tampil dengan tangan yang sangat wangi. Sempat tertinggal di kuarter pertama, Suns mengejar lewat gempuran tripoin bergantian dari para pemainnya yang berujung pada kemenangan 123-115.

Suns total memsukkan 21 tripoin di  gim ini, atau lebih dari separuh total poin mereka. Hebatnya, 21 tripoin tersebut hanya datang dari 40 kali percobaan (52 persen). Lebih mencenangkan lagi, Suns sebenarnya hanya melepaskan total 83 percobaan dan memasukkan 40 tembakan hari ini (48 persen). Artinya, Suns lebih banyak memasukkan tripoin ketimbang dua poin di hari ini. Ini adalah kali keempat dalam sejarah tim, Suns mampu mencetak setidaknya 20 tripoin.

Tujuh pemain Suns cetak dua digit poin. Devin Booker jadi top skor tim dengan 24 poin dann 6 rebound. Booker memasukkan 3/8 tripoin (37 persen) dan 90 persen (9/10) dari tembakan gratis. Jae Crowder jadi pencetak tripoin terbanyak hari ini dengan catatan 6/9 tripoin (67 persen). Crowder menutup gim dengan 21 poin.

Dari bangku cadangan, Cameron Johnson, jadi pencetak tripoin terbanyak kedua dengan 4/7 tembakan (57 persen). Total ia mengemas 16 poin selama 23 menit. Dario Saric membuat barisan cadangan Suns semakin tangguh dengan tambahan 15 poin dan 5 rebound. Chris Paul semakin padu dengan Deandre Ayton. Paul meencetak 12 poin dan 8 asis sedangkan Ayton dobel-dobel 11 poin plus 16 rebound. Daftar ini ditutup oleh Mikal Bridges dengan 13 poin, 4 rebound, dan 3 asis. Satu nama lain yang layak mendapat kredit adalah Cameron Payne. Selama 16 menit bermain, Payne mencetak 5 poin dan 10 asis.

Untuk Raptors, Pascal Siakam jadi top skor gim dengan 32 poin dan 9 rebound selama 38 menit. Kyle Lowry menyusul dengan 24 poin, 9 rebound, dan 6 asis. OG Anunoby menambahkan 20 poin dan 8 rebound sedangkan Fred VanVleet mencetak 13 poin. Keempat pemain ini adalah pemain utama. Satu-satunya nama pemain cadangan yang menyentuh dua digit poin adalah Norman Powell dengan 13 poin.

Hasil ini membuat Suns kini meraih enam kemenangan dan kembali ke jalur kemenangan pascakalah dari Los Angeles Clippers di gim sebelumnya. Suns masih bersaing dengan duo Los Angeles di papan atas klasemen sementara Wilayah Barat dengan rekor (6-2). Sebaliknya untuk Raptors, kekalahan ini semakin memperburuk awal musim mereka. Raptors hanya menang sekali dari tujuh gim  dan ini adalah kekalahan ketiga mereka secara beruntun.

Suns akan menjadi tamu di gim selanjutnya dengan bertandang ke markas Detroit Pistons. Pun demikian dengan Raptors yang akan menjadi tamu di markas Sacramento Kings. Semua gim ini digelar lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar