IBL

Rookie of the Year NBA 2019-2020, Ja Morant memecahkan rekor milik Shaquille O'Neal pada gim hari Rabu, 23 Desember waktu setempat. Dia menjadi pemain termuda dalam sejarah NBA (21 tahun), yang mencetak 40 poin atau lebih di pertandingan pertama timnya. Namun Morant tampaknya tak senang dengan pencapaian tersebut. Sebab, Memphis Grizzlies menyerah 119-131 dari San Antonio Spurs di laga tersebut.

Moran mencetak 44 poin, dan melengkapi catatan statistik dengan menyumbang sembilan asis. Ketika bertanding hari ini, usia Morant adalah 21 tahun lebih 135 hari. Morant berhasil melewati rekor O'Neal saat masih bersama Orlando Magic. O'Neal mencetak 42 poin di gim pertama Magic pada musim 1993-1994 (5 November 1993). Saat itu usianya 21 tahun lebih 244 hari. Artinya Morant lebih muda 109 hari dari O'Neal. Tetapi untuk urusan poin, keduanya masih tertinggal dari Elgin Baylor yang mencetak 52 poin di tahun 1959.

Pada sesi wawancara setelah pertandingan, Morant mengatakan tidak senang dengan rekor tersebut. Sebab Grizzlies harus menelan kekalahan perdana di musim 2020-2021.

"Saya tidak senang sama sekali. Jelas tujuan saya bermain adalah memenangi pertandingan tersebut, tapikami gagal," kata Morant, dikutip dari USA Today. "Saya sudah melakukan yang terbaik. Tetapi belajar dari gim hari ini, kami harus lebih siap menghadapi pertandingan selanjutnya."

Kepala pelatih Taylor Jenkins memuji performa Morant. Tetapi dirinya menyesalkan pertahanan tim yang buruk. Efisiensi pertahanan Grizzlies adalah salah satu hal yang diperhatikan oleh Jenkins musim ini. Tampaknya itu belum berhasil, karena Spurs masih mampu memasukkan lebih dari 50 persen tembakan dari dalam busur. Spurs juga mengungguli Grizzlies dalam poin fastbreak (22-19). Tujuh pemain Spurs mencetak dua digit poin.

Performa Morant sangat menjanjikan bagi Grizzlies. Terutama saat Jaren Jackson Jr. dan Justis Winslow masih dibekap cedera. Mereka berharap Morant masih bisa mempertahankan permainan terbaiknya di awal musim. Tetapi manajemen Grizzlies tidak bisa berpangku tangan. Mereka harus mencari cara untuk mendukung Ja Morant. (tor)

Foto: nba.com/grizzlies

Komentar