IBL

Killian Hayes tampil untuk pertama kalinya bersama Detroit Pistons pada gim eksibisi pramusim NBA 2020-2021, hari Jumat, 11 Desember waktu setempat. Hayes disebut-sebut sebagai pemain masa depan Pistons. Sementara Derrick Rose siap membantunya berkembang dan menjadikannya garda terhebat di liga.

Hayes merupakan pemain pilihan ketujuh dalam Draft NBA 2020 lalu. Sejauh ini, kepala pelatih Dwane Casey yakin bahwa Hayes siap bertugas sebagai pemain inti di posisi garda utama. Pemain berusia 19 tahun itu menyelesaikan gim dengan menyumbang lima poin, empat rebound dan tiga asis dalam 21 menit. Dia masih terlihat tegang dan melakukan tiga turnover.

"Killian harus santai dalam bermain. Dia terlalu kencang. Tapi ini wajar di penampilan perdananya," kata Dwane Casey.

Pistons memang kalah dari New York Knicks, 84-90, dalam pertandingan tersebut. Tetapi Casey tidak melihat skor akhir, atau bahkan statistik yang buruk. Pistons melakukan 22 turnover dan hanya memasukkan 32 tembakan. Casey melihat itu bukan masalah besar. Baginya, melihat 15 pemainnya tampil dan mengerti apa yang dia mau, jadi kunci di pertandingan pertama ini. Casey juga memastikan Blake Griffin dan Derrick Rose kembali padu.

Khusus untuk Rose, dia kini mengambil tanggung jawab baru di Pistons. Veteran 12 tahun di NBA tersebut menerima tugas sebagai mentor Killian Hayes. Pemain sekaliber Rose memang tidak seharusnya duduk di bangku cadangan. Namun itulah yang dia inginkan sekarang.

"Saya suka permainannya (Hayes). Merupakan kehormatan untuk bisa memberinya petunjuk dan berbagi pengalaman saya. Saya sudah berbicara dengannya dan mengatakan bahwa dia adalah masa depan tim. Tugas saya di sini adalah mendorongnya, dan mendidiknya menjadi pemain hebat," kata Rose dalam wawancara vitual, seperti dikutip dari USA Today.

Hayes saat ini diproyeksikan sebagai garda utama inti Pistons musim depan. Sedangkan Rose kemungkinan turun dari bangku cadangan. Hayes akan didorong dalam perburuan gelar Rookie of the Year musim depan. Hayes punya pengalaman bertanding di Jerman dengan klub ratiopharm Ulm. Dalam 20 gim, Hayes mencetak rata-rata 11,6 poin, 3,2 rebound, 5,3 asis dan 1,4 steal per gim. Bersama timnas Perancis, Hayes menjadi juara di FIBA U16 European Championship 2017, dan terpilih sebagai pemain terbaik (MVP). Melihat deretan prestasi tersebut, Pistons yakin pemain mudanya bisa jadi aset masa depan.

Pistons akan kembali bertemu Knicks di pramusim pada hari Minggu, 13 Desember waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: nba.com/pistons

Komentar