IBL

LeBron James semakin mengukuhkan dirinya sebagai salah satu figure penting di Amerika Serikat atau bahkan dunia. Selain rentetan gelar individu dan beregu di dunia basket itu sendiri, LeBron juga kerap mendapatkan gelar kehormatan dari berbagai macam organisasi atau institusi. Terbaru, salah satu majalah ternama di dunia, TIME, baru saja menobatkan LeBron sebagai Athlete of the Year.

Athlete of the Year adalah salah satu gelar kehormatan yang dibagikan oleh TIME dengan tajuk besarnya Person of the Year. Gelar Person of the Year 2020 sendiri diberikan kepada duet pemimpin baru Amerika Serikat, Joe Biden dan Kamala Harris. Selain itu, ada juga Guardians of the Year yang diberikan untuk seluruh tenaga kesehatan di dunia dan organisasi anti-rasisme, Businessperson of the Year kepada pendiri Zoom, Eric Yuan, serta Entertainer of the Year kepada boyband asal Korea Selatan, BTS.

LeBron sendiri mendapatkan perhatian penuh dari TIME seiring kegigihannya dalam menyuarakan pemikirannya di deretan kasus rasisme yang terjadi di Amerika Serikat. LeBron juga menjadi tokoh utama di balik kembali dilanjutkannya musim 2019 – 2020 NBA dengan sederet pesan sosial yang disampaikan secara verbal ataupun non-verbal.

(Baca juga: LeBron James dan Breanna Stewart Jadi Sportsperson of the Year 2020)

Di luar itu, LeBron juga tak letih menyuarakan seruan untuk memilih dalam pemilu Amerika Serikat tahun ini. Ia mendirikan organisasi bernama More Than a Vote yang terbukti berhasil meningkatkan keikutsertaan masyarakat Amerika Serikat dalam pemilu. Pemilu ini sendiri berujung pada kemenangan Biden dan Harris yang diyakini adalah wakil dari kaum tertindas selama ini.

Gelar kehormatan seperti ini bukanlah hal baru untuk LeBron. Beberapa media seperti ESPN, Sports Illustrated, dan Associated Press juga memberikan gelar yang sifatnya serupa untuk bapak tiga anak ini. Semuanya diberikan karena melihat peran besar LeBron dalam perjalanan sejarah kehidupan bermasyarakat di Amerika Serikat.

LeBron sendiri menanggapi gelar dari TIME dengan sederhana tapi elegan. Ia mengunggah kembali gambar yang diunggah TIME dengan keterangan,“Honored” atau dalam bahasa Indonesia berarti merasa terhormat. Teruslah berjaya King James! (DRMK)

Foto: NBA, TIME

 

Komentar