IBL

Berita rumor pertukaran dan transfer pemain NBA mulai sepi. Sebab semua tim sudah memulai kamp pelatihan. Musim reguler 2020-2021 akan dimulai dua minggu lagi. Namun ada yang ditunggu-tunggu penggemar Sacramento Kings. Khususnya tentang nasib Buddy Hield. Kabarnya manajemen Kings sedang mencari tim yang mau diajak bertukar pemain.

Salah satu nama besar dalam rumor pertukaran pemain adalah Buddy Hield. Kabarnya, Hield tidak senang dengan situasi Kings saat ini. Dia sendiri menyatakan ingin pindah dari tim yang diasuh oleh Luke Walton tersebut. Anehnya, meski ada banyak berita tentang pertukaran pemain NBA selama beberapa minggu terakhir, sama sekali tidak menyinggung soal Hield. Kings belum menemukan kesepatakan yang bagus untuk melakukan pertukaran pemain.

Buddy Hield yang diambil oleh New Orleans Pelicans pada tahun 2016, pindah ke Kings sebagai bagian dari pertukaran DeMarcus Cousins pada musim 2016-2017. Baru-baru ini, dia terlibat perselisihan dengan kepala pelatih Kings Luke Walton. Namun pemain berusia 27 tahun masih punya daya tarik. Selama dua musim terakhir, Hield rata-rata mencetak rata-rata 20,0 poin per gim dengan akurasi tembakan tripoin 41 persen. Hield juga dikenal sebagai penembak perimeter yang mematikan.

Menurut Ian Begley dari SNY, manajemen Kings sudah melakukan pembicaraan dengan beberapa tim untuk menukar Buddy Hield. Salah satu tim yang diajak berdiskusi adalah finalis NBA 2019-2020, Miami Heat. Sebab, Hield masih punya sisa kontrak selama tiga tahun dengan nilai kurang lebih AS$70 juta. Jadi Kings harus mencari klub yang mau melakukan pertukaran dengan imbalan yang setimpal.

Greg Patuto dari nbaanalist.net menulis kalau pertukaran tersebut bisa menguntungkan untuk Heat. Karena keharidan Hield bisa mendukung skema ofensif yang dibuat untuk Bam Adebayo dan Jimmy Butler. Kepala pelatih Erik Spoelstra juga akan punya banyak pilihan di samping Tyler Herro dan Duncan Robinson. Sedangkan pemain Heat yang bisa dikirim ke Kings sebagai kesepakatan pertukaran pemain adalah Kendrick Nunn, Kelly Olynyk, dan Andre Iguodala.

Menukar Hield juga bisa menguntungkan bagi Kings. Alasan pertama tentu karena Luke Walton tidak lagi memiliki musim dalam selimut. Hield sendiri sudah menyatakan bahwa dirinya tidak senang dengan Walton yang menempatkannya sebagai pemain cadangan. Benih kebencian tersebut bisa merugikan Kings. Jadi lebih baik bila Hield tidak lagi ada di dalam roster.

Bila pertukaran pemain dengan Miami Heat benar-benar tersebut, maka Kings akan punya Kendrick Nunn. Pemain muda potensial yang bisa mendukung penampilan De'Aaron Fox. Lalu ada pula Andre Iguodala dan Kelly Olynyk. Pemain senior yang sudah pernah bermain untuk tim-tim juara NBA. Mereka bisa membawa budaya juara di Kings.

Dari perspektif tim, Sacramento Kings sudah punya pondasi yang kuat. Mereka dierkuat oleh De'Aaron Fox sebagai bintang utama, ditambah pemain baru Trese Haliburton dan Jahmi'us Ramsey. Ada pula Harrison Barnes dan Glenn Robinson III. Jadi mereka tidak masalah bila kehilangan Buddy Hield dari barisan garda. Pintu perdagangan pemain di NBA masih terbuka. Kings masih punya waktu memikirkan langkah terbaik untuk Buddy Hield. (tor)

Foto: Golden Gate Sport

Komentar