IBL

FIBA ​​sukses menggelar Kualifikasi Piala Kontinental FIBA ​​pada bulan November di empat benua. Kesuksesan tersebut diukur dari keamanan dan keselamatan seluruh peserta, serta upaya luar biasa dari komunitas bola basket internasional di tengah pandemi global.

Ada empat Kualifikasi Piala Kontinental FIBA yang bergulir pada bulan November lalu dengan menggunakan skenario "gelembung", yaitu FIBA AmeriCup 2022 Qualifiers, FIBA EuroBasket Qualifiers, FIBA AfroBasket Qualifiers, dan FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers. Untuk menyelenggarakan empat turnamen tersebut, FIBA membuat "gelembung" yang ditempatkan di 15 kota berbeda di Asia, Eropa, Afrika, dan Amerika. Pesertanya ada 72 tim nasional, dengan 870 pemain. Sementara itu, jumlah pertandingan yang dimainkan ada 78 gim dalam enam hari penyelenggaraan.

FIBA menilai bahwa penerapan protokol kesehatan yang dibuat Komisi Medis FIBA dan Organisasi Kesehatan Dunia sudah diterapkan dengan baik. Dalam persiapan untuk Kualifikasi bulan November, FIBA menggelar 18 webinar untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang protokol Covid-19 antara tuan rumah, Federasi Nasional yang berpartisipasi dan otoritas kesehatan lokal. Acara tersebut diikuti oleh lebih dari 400 peserta.

Untuk memastikan bisa memasuki "gelembung", semua atlet dan ofisial tim harus menunjukkan dua tes negatif Covid-19, sebelum melakukan perjalanan ke "gelembung", dengan satu tes dilakukan selambat-lambatnya 72 jam sebelum keberangkatan, dan satu lagi lima hari sebelumnya. Peserta juga melakukan tes lagi pada saat kedatangan. Lebih dari 5.000 hasil tes PCR diserahkan pada FIBA sebelum bepergian, dan lebih dari empat 4.000 tes PCR diselenggarakan di tempat.

Penyelenggaraan Kualifikasi Piala Kontinental FIBA untuk bulan November disiarkan oleh 53 saluran di 166 wilayah dan di seluruh dunia melalui livebasketball.tv. Untuk window 3 atau jendela terakhir Kualifikasi Piala Kontinental FIBA, akan dimainkan pada Februari 2021. Skenario yang digunakan masih sama yaitu dikumpulkan di satu kota untuk memastikan kesehatan dan keselamatan semua peserta. (*)

Sumber: Rilis FIBA
Foto: fiba.basketball

Komentar