IBL

Indonesia berhasil meraih kemenangan perdana mereka di kualifikasi Piala Asia 2021 (FIBA Asia Cup Qualifier), Sabtu, 29 November 2020, waktu setempat. Berhadapan dengan Thailand yang baru saja menelan kekalahan dari Filipina sehari sebelumnya, Indonesia berhasil menutup gim yang digelar di Manama, Bahrain, dengan kemenangan 90-76.

Meski berhasil menutup gim dengan selisih dua digit poin, Indonesia tak bisa dibilang mendominasi pertandingan. Bahkan, Indonesia baru benar-benar membuka keunggulan di awal kuarter empat. Sebuah layup dari Abraham Damar Grahita membuat Indonesia berhasil membuka jarak mencapai tujuh poin sebelum akhirnya Indonesia terus membuka jarak dan tak terkejar.

Abraham sendiri jadi top skor Indonesia bersama dengan pemain debutan, Brandon Jawato. Keduanya sama-sama mencetak 22 poin. Abraham memasukkan 8/14 tembakan (57 persen) ditambah dengan 6 rebound dan 2 asis. Jawato tampil cukup menguasai lapangan terbukti dengan tambahan 8 rebound dan 8 asis.

(Baca juga: Filipina Pimpin Klasemen Grup A Setelah Kandaskan Thailand)

Pemain debutan lainnya, Lester Prosper, jadi satu-satunya pemain Indonesia dengan dobel-dobel usai mencetak 19 poin dan 13 rebound. Prosper adalah pemain terlama di lapangan dengan 35 menit. Andakara Prastawa Dhyaksa melengkapi daftar pencetak dua digit angka Indonesia dengan 15 poin, termasuk di dalamnya 3/5 tripoin (60 persen).

Ada tiga pemain Indonesia lain yang menjalani debut dengan timnas di gim kali ini. Widyanta Putra Teja, Govinda Julian Saputra, dan Agassi Yeshe Goantara. Dua nama terakhir mencetak masing-masing 5 dan 4 poin. Sedangkan Widy tidak menyumbang poin karena hanya turun selama dua menit.

Top skor di gim ini sendiri adalah Nattakarn Muangboon. Bermain tanpa istirahat (40 menit), ia berhasil mencetak 32 poin, 5 rebound, dan 8 asis. Pemain bernomor punggung 27 ini memasukkan 6/10 tripoin dan 13/20 secara keseluruhan. Senter, Chanatip Jakrawan jadi satu-satunya pemain Thailand lain yang menyentuh dua digit poin dengan dobel-dobel 15 poin dan 13 rebound.

Hasil ini membuat Indonesia duduk di peringkat tiga Grup A, di bawah Korea Selatan dan Filipina. Indonesia menorehkan satu kemenangan dari tiga gim. Bagi Thailand sendiri, kekalahan ini membuat mereka terbenam di dasar klasemen dengan rekor tidak pernah menang dalam tiga gim.

Gim-gim lain dari FIBA Asia Cup 2021 bisa Anda saksikan di livebasketball.tv. (DRMK)

Foto: FIBA

 

Komentar