IBL

Los Angeles Lakers tampaknya melakukan perubahan besar di komposisi pemain. Setelah kehilangan Dwight Howard, mereka menambahkan Montrezl Harrell. Kemudian, hari Minggu, 22 November waktu setempat, Lakers mendapatkan Marc Gasol. Sebagai gantinya, serta untuk menjaga tetap ada di batas gaji yang ditentukan NBA, maka Lakers mengirim JaVale McGee ke Cleveland Cavaliers.

Adrian Wojnarowski dari ESPN melaporkan bahwa Lakers mengirim McGee ke Cavs, bersama tiket pilihan kedua dalam Draft NBA tahun 2026. Sedangkan Chris Fedor dari cleveland.com mengabarkan bahwa Cavs mengirim Alfonzo McKinnie dan Jordan Bell ke Lakers. McKinnie dan Bell merupakan pemain dengan kontrak minimum, serta tidak punya jaminan kontrak di Cavaliers. Keduanya juga jarang dimainkan musim lalu, rata-rata di bawah 15 menit per gim.

McGee rata-rata mencetak 9,4 poin, 6,7 rebound, dan 1,7 blok dalam dua musimnya di Lakers. Posisi McGee direbut oleh Dwight Howard di musim 2019-2020 lalu. Sementara di playoff 2020, peran McGee dikurangi karena peningkatan performa Markieff Morris. Namun tidak jadi masalah karena McGee akhirnya bisa mendapatkan gelar juara NBA ketiga sepanjang kariernya.

Dari sisi Lakers, mengirimkan McGee ke Cavs membuat mereka bisa mendapatkan anggaran yang cukup untuk merekrut Marc Gasol. Menurut Bobby Marks dari ESPN, Lakers akan menghemat sekitar AS$9,3 juta.

Sementara bagi Cavs, McGee akan menjadi cadangan sempurna untuk Andre Drummond, yang baru saja mendapatkan kontrak AS$28,7 juta awal pekan lalu. Jadi Cavs punya alasan kuat untuk merekrut McGee. Selain itu, McGee punya kemampuan istimewa yang akan menguntungkan bagi Cavs.

Tembakan McGee memang kurang akurat, tapi dia bisa menjadi finisher di bawah ring. McGee bisa melakukan hook, putbacks, dan tip-in. Sepanjang kariernya, McGee mencetak akurasi 70,7 persen di area kunci, dan memiliki catatan ofensif rebound 12,1 rebound per gim selama bermain di NBA.
Kemudian dari sisi pertahanan, kehadiran McGee bisa membawa ketenangan bagi timnya. Dia adalah pelindung ring yang hebat, dibuktikan dengan 3,2 blok per-36 menit sepanjang kariernya. McGee dengan tinggi 2,13 meter juga mampu mencegah pemain lawan mencetak poin lewat floater.

Cavaliers akan menjadi tim NBA ketujuh sepanjang kariernya sejak 2008. Karier McGee diawali di Washington Wizards sejak 2008 hingga 2012. Dia pindah ke Denver Nuggets (2012-2015), Philadelphia 76ers (2015), Dallas Mavericks (2015-2016), Golden State Warriors (2016-2018), dan akhirnya ke Los Angeles Lakers (2018-2020). McGee tidak penah meraih gelar individu, masuk nominasi penghargaan, atau masuk All-Star. Namun dia memegang tiga cincin juara NBA yaitu dua saat membela Warriors (2017 dan 2018), serta satu cincin dari Lakers (2020). (tor)

Foto: Silver Screen And Roll

Komentar