IBL

Twitter resmi Golden State Warriors merilis pernyataan bahwa Klay Thomson menderita cedera robek tendon Achilles kanan, dikonfirmasi dari MRI yang dilakukan di Los Angeles. Thompson menderita cedera saat latihan di California. Dia diperkirakan akan melewatkan musim 2020-2021. Ini akan menjadi musim kedua bagi Warriors tanpa Thompson. Sebab, dia juga absen selama musim 2019-2020 karena cedera ACL.

Kegembiraan Warriors pada hari Rabu, 18 November lalu, langsung disusul kabar tidak menyenangkan. Awalnya, Warriors berhasil mendapatkan senter muda James Wiseman dari Draft NBA 2020. Tetapi di saat yang sama, Thompson dikabarkan cedera. Lalu setelah dilakukan pemeriksaan intensif, justru Warriors harus kehilangan Thompson selama satu musim kompetisi karena cedera Achilles.

Cedera tersebut bisa jadi pukulan telak bagi Warriors. Sebab, mereka berniat bangkit setelah musim lalu terpuruk. Musim lalu, Warriors bermain tanpa Thompson dan Curry. Keduanya menepi karena cedera. 

"Kami berurusan dengan cedera pemain dalam beberapa tahun terakhir. Ini menjadi sulit, namun saya harap kami bisa melewati ini semua," kata manajer Warriors, Bob Myers, dikutip dari Associated Press.

Pernyataan Myers tersebut berdasarkan catatan cedera yang dialami Warriors sejak memenangkan gelar ketiga mereka dalam empat tahun terakhir. Setelah gagal menjadi juara di tahun 2019, tiga pemain Warriors tumbang. Kevin Durant menderita sepasang tendon Achilles robek, Klay Thomspn menderita ACL robek, dan terakhir Stephen Curry mengalami cedera patah tangan. Pada saat itu, Warriors menjadi tim kelas menengah yang harus siap tersingkir dari perebutan tiket playoff. Pada akhirnya Warriors memang berada di dasar klasemen yang menjadi catatan terburuk dalam sejarah klub.

Sebenarnya Warriors sudah tampil meyakinkan pada persiapan musim 2020-2021. Mereka memulai dengan mengumumkan bahwa Curry sudah sembuh. Lalu, muncul kabar bahwa Thompson sudah ikut latihan. Ditambah lagi, dengan tiket Draft Pick No.2, Warriors bisa mengambil pemain yang diinginkan, sesuai dengan kebutuhan tim. Mereka memilih James Wiseman untuk memperkuat paint area. Karena selama ini, Warriors kekurangan pemain di posisi senter. Lalu harapan tentang musim pembalasan Warriors seketika sirna setelah berita Thompson cedera.

Kontributor nba.com Shaun Powell menulis bahwa Warriors bakal tampil beda di musim 2020-2021. Mereka bukan lagi Warriors yang dikenal selama lima tahun terakhir. Curry dan Draymond Green tetap menjadi jangkar permainan. Tetapi akan ada wajah baru, mulai dari Andrew Wiggins, dan James Wiseman yang dituntut untuk segera memberikan performa terbaiknya. Kemudian Warriors berpotensi mendatangkan Kelly Oubre Jr.. Pemain Phoenix Suns itu awal pekan lalu dikirim ke OKC Thunder untuk ditukar dengan Chris Paul. Oubre dianggap sebagai sosok yang tepat menggantikan peran Klay Thompson. (tor)

Foto: Sir Charles In Charge

Komentar