IBL

Kansas City makin serius ingin menjadi "rumah baru" bagi Raptors. Walikota Kansas City Quinton Lucas dikabarkan sudah melakukan pembicaraan dengan manajemen Raptors. Isu pindah rumah Raptors memanas setelah tim asuhan Nick Nurse itu tidak bisa bermain di Scotiabank Arena, karena aturan pembatasan sosial yang diberlakukan pemerintah Kanada. Tidak hanya Raptors, beberapa klub olahraga juga pindah dari Kanada, mereka adalah Toronto Blue Jays (bisbol) dan Toronto FC (sepak bola).

Dalam sebuah wawancara dengan Sportsnet pada hari Kamis, 29 Oktober waktu setempat, Quinton Lucas mengatakan bahwa sebagai pemimpin politik Kansas City, dirinya sudah mengirim surat kepada komisaris NBA Adam Silver dan grup kepemilikan Raptors, Maple Leaf Sports and Entertainment. Kansas City benar-benar berminat untuk menjadi tuan rumah sementara Raptors di musim 2020-2021.

Menurut Lucas, Kansas City memiliki fasilitas olahraga T-Mobile Center. Arena tersebut setiap tahun menyelenggarakan turnamen basket sejak 2010, dan memiliki kapasitas penonton sebanyak 18.972 orang.

"Kami telah membuat arena ini terlihat bagus. Kami juga berinvestasi jutaan dolar, dan bila besok NBA menggelar pertandingan, kami sudah siap," tegas Lucas tentang T-Mobile Center, yang secara tidak langsung mengatakan bahwa arena tersebut sudah siap, dan tidak memerlukan perbaikan tambahan untuk menggelar pertandingan NBA.

"Sejauh ini, kami telah menerima tanggapan bahwa Raptors terus bekerja sama dengan NBA, dengan pemerintah federal di Kanada dan pemerintah federal di Amerika Serikat untuk mencoba tetap bermain di Toronto. Kami hanya mencoba memastikan bahwa Kansas City adalah bisa jadi pilihan bila mereka membutuhkan."

Fasilitas yang memadai tampak menggiurkan bagi Raptors. Namun masalahnya, Kansas City jauh dari rival divisi tim Raptors, yaitu New York Knicks, Boston Celtics, dan Philadelphia 76ers. Butuh hampir tiga jam waktu penerbangan untuk sampai ke Kansas City dari tiga lokasi tersebut.

Kansas City ternyata bukan satu-satunya kota yang berpotensi "rumah baru" sementara bagi Raptors. Dewan Umum kota Buffalo, New York baru-baru ini menyatakan mereka siap bila NBA memberi izin Raptors bermain di kota tersebut. Sama seperti yang sudah mereka lakukan dengan menerima klub Blue Jays. Ada juga laporan tentang Louisville sebagai kota tujuan Raptors. Tetapi kabar tentang Kansas City dan Buffalo lebih ramai dibicarakan di media ketimbang Louisville.

Faktanya, Kansas City sudah 35 tahun tidak punya tim basket profesional. Sejak Kansas City-Omaha Kings pindah dari sana ke Sacramento. Kini mereka ingin punya tim bola basket profesional kembali. Meski hanya tuan rumah sementara bagi Raptors, mereka tampaknya serius menyiapkan diri. (tor)

Foto: Wish TV

Komentar