IBL

Rumor terkait Rajon Rondo kembali hangat. Kali ini, tim LA Clippers yang terlihat berminat merekrut garda veteran tersebut. Isu Rondo pindah ke Clippers memanas setelah Kawhi Leonard mendesak manajemen untuk menambahkan garda baru. Meski timnya masih punya kontrak dengan Patrick Beverly dan Landry Shamet untuk musim depan.

Rondo kemungkinan menolak opsi pemain, dengan gaji AS$2,7 juta untuk musim 2020-2021. Jadi statusnya akan sama seperti Anthony Davis. Bila Lakers ingin mempertahankan Rondo, maka harus ada kontrak baru. Mungkin juga dengan nilai yang lebih besar.

Baca Juga: Tolak "Opsi Pemain", Rondo Coba Pasar Pemain Bebas

Menurut Marc Stein dari The New York Times, Lakers berusaha agar Rondo tetap ada dalam roster bersama LeBron James untuk musim depan. Rondo dianggap sebagai bagian penting bagi Lakers yang ingin mempertahankan gelar juara. Tetapi Lakers harus berhadapan dengan tim lain yang ingin meminang Rondo. Ternyata tidak jauh-jauh, justru sesama tim Los Angeles, yaitu Clippers.

Pengamat NBA Stephen A. Smith pada 16 Oktober lalu melontarkan pernyataan bahwa Kawhi Leonard secara pribadi meminta manajemen Clippers untuk menambahkan garda utama (point guard). Smith juga menambahkan bahwa Beverly kurang bagus dalam menyerang. Beverly tipe penjaga yang mahir dalam bertahan.

Sebaliknya, Rajon Rondo menunjukkan permainan gemilang di saat-saat penting. Cerita tentang "Playoff Rondo" kembali muncul selama Playoff NBA 2020. Pemain berusia 34 tahun tersebut mencetak rata-rata 8,9 poin, 4,3 rebound, dan 6,6 asis per gim di playoff. Dia mencetak akurasi tembakan 45,5 persen, dengan 40 persen tripoin. Pemain Golden State Warriors, Draymond Green, menyebut Rondo sebagai pemain 16 pertandingan. Karena saat playoff, Rondo benar-benar menampilkan permainan berbeda dengan musim reguler.

Di sisi Clippers, strategi duet Kawhi Leonard dan Paul George tidak berjalan sesuai rencana. Ternyata roster Clippers tidak sedalam yang dikira, apalagi ketika mereka sudah sampai di babak playoff. Faktanya, di luar Leonard dan George, Clippers tidak punya kontribusi poin dari pemain lain, juga kurang dalam kreatifitas serangan.

Lou Williams yang menjadi pencetak poin terbanyak ketiga di Clippers (12,8 poin per gim), setelah Leonard (28,2 poin per gim) dan George (20,2 poin per gim), mengatakan bahwa yang menyelamatkan timnya hanyalah kemampuan individu setiap pemain. Sebab, selama ini strategi tim tidak berjalan baik di lapangan.

Baca Juga: Faktor Kegagalan LA Clippers di Musim 2019-2020

Bila Clippers mencuri Rondo dari Lakers, maka itu bisa melemahkan tim ungu dan emas. Sebab, sulit menemukan pemain yang bisa dipercaya oleh LeBron James dan Anthony Davis, sama seperti Rondo. Terutama di saat memasuki babak playoff. Rondo mampu membuat Lakers tetap stabil saat James dan Davis beristirahat. Meski belum jelas kapan pasar bursa pemain bebas agen dibuka, tetapi Rondo tampaknya tidak akan pergi dari Los Angeles. Hanya saja, belum jelas tim mana yang dia pilih. Lakers atau Clippers? (tor)

Foto: DraftKings Nation

Komentar