IBL

Mendengar nama J.R. Smith, rasanya kata “pesta” atau “gila” adalah yang kita bayangkan pertama. Ya, pemain yang akrab disapa JR ini memang terlihat sangat santai baik di dalam atau di luar lapangan. Ia terlihat sangat menikmati hidupnya baik ketika menjadi pemain reguler di sebuah tim, pemain cadangan, hingga sempat terasingkan dari liga.

(Baca juga: J.R. Smith: Lakers Musim Ini Terlalu Kuat)

 Hal ini semakin terlihat dengan nyaris tidak ada pemain yang terlibat friksi dengan JR sebagai rekan satu tim. Meski melakukan kesalahan fatal di gim pertama final NBA 2018 lalu, LeBron James juga masih nyaman-nyaman saja dengan JR. Belum lagi kemampuan JR melebur dengan semua pemain, membuatnya menjadi figur yang selalu membuat tim nyaman. Contohnya terjadi saat Los Angeles Lakers juara di mana beberapa pemain tampil tanpa mengenakan baju, seperti JR.

Menariknya, JR yang dikenal cukup asyik ini ternyata memiliki satu nama yang ia benci. Hal ini ia jelaskan secara terang-terangan dalam siniar All Things Covered. Sam Dekker, mantan rekan JR di Cavaliers yang kini bermain di Liga Turki adalah sosok tersebut. Menurut JR, Dekker adalah orang yang abai terhadap sekeliling dan penuh dengan omong kosong.

“Sepanjang karier saya, hanya ada satu pemain yang saya benci. Dia dan rekan-rekan saya tahu semua tentang ini, dia adalah Sam Dekker,” buka JR. “Suatu hari, ia bicara omong kosong di bus dan saya sangat membenci itu. Ia bicara tentang banyak hal yang menurut saya dan rekan-rekan adalah bukan sesuatu yang ia dapatkan dengan kerja kerasnya sendiri, hal itu seperti diberikan kepadanya, sebuah privilese,” lanjut JR.

“Apa yang ia lakukan adalah sebuah tindakan yang abai. Ia tahu bahwa orang-orang di sekelilingnya memiliki perjalanan yang sulit, tidak sama dengan dirinya, dan ia ingin mereka terus berada di sana. Ia tak berusaha membantu orang-orang ini, bahkan tidak secara moral. Saya tidak suka sedikitpun tentang hal ini,” tutup JR.

Hal yang menarik dari situasi ini adalah fakta bahwa Dekker hanya menghabiskan waktu sangat sebentar dengan Cavaliers. Dekker total hanya bermain sembilan kali bersama Cavaliers. Secara waktu, ia berstatus pemain Cavaliers per 7 Agustus 2018 dan ditukar ke Washington Wizards pada 7 Desember tahun yang sama. Bukan tidak mungkin, perpindahan Dekker juga dilandasi hal ini mengingat JR adalah sosok penting Cavaliers kala itu. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar