IBL

Pendapat legenda NBA, Shaquille O’ Neal, mengenai kegagalan Los Angeles Clippers di playoff NBA 2020 memang bisa dibilang cukup keras. Pun demikian, tak sedikit yang sepakat bahwa Clippers rasanya harus memecah duet Kawhi Leonard dan Paul George. Utamanya nama yang terakhir disebut, banyak yang menilai bahwa George adalah salah satu sumber kegagalan utama Clippers musim ini.

Namun, tampaknya segala pendapat di luar sana tak mempengaruhi pemikiran Kepala Pelatih Clippers yang baru, Tyronn Lue. Kepada ESPN, Lue merasa bahwa tak seharusnya semua pihak menyalahkan kegagalan Clippers musim ini kepada dua pemain ini, apalagi George semata. Menurutnya, tidak ada alasan untuk memecah duet ini, setidaknya untuk musim depan.

 “Saya pikir Kawhi dan George akan bertahan dengan Clippers untuk waktu yang lama. Saya rasa mereka kini berada di situasi  dan tempat yang benar-benar mereka inginkan, di sini, bersama Clippers. Kini tuga kami adalah membuat Clippers menjadi lingkungan yang terbaik untuk mereka supaya kami bisa meraih kemenangan,” ujar juara NBA satu kali ini.

(Baca juga: Shaquille O’Neal: Clippers Harus Lepas Paul George)

Lue memang sangat sah untuk terus percaya dengan skuatnya, tapi ia juga tak bisa menutup mata atas masalah-masalah yang jelas terlihat di lapangan. Mentalitas menjadi masalah utama tim ini. Kepala Pelatih Clippers sebelumnya, Doc Rivers, sempat menyebut bahwa tim ini masih sangat “hijau” alias tidak memiliki pengalaman utamanya untuk playoff dan mengejar juara.

Masalah kedua adalah tentang koneksi antarpemain. Di musim reguler lalu, Clippers jarang sekali turun dengan skuat penuh. George menghabiskan beberapa waktu di pinggir lapangan karena cedera sedangkan Kawhi berkutat dengan load management. Belum lagi beberapa kali absen dari barisan pendukung penting seperti Lou Williams dan Montrezl Harrell. Tim ini dinilai tak cukup padu untuk menjadi juara.

(Baca juga: Faktor Kegagalan LA Clippers di Musim 2019-2020)

Kini dua masalah tersebut harus diselesaikan oleh Lue. Di sisi lain, dihadapkan pada jeda musim, Clippers juga harus segera membangun skuat mumpuni untuk dua bintang mereka. Kedua pemain ini adalah pemain yang memiliki kemampuan bertahan dan menyerang sama baiknya. Pun begitu, sepanjang kariernya, keduanya bukanlah seorang playmaker. Dan pemain dengan karakter seperti ini yang rasanya bisa menyelamatkan Clippers untuk musim depan. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar