IBL

Setelah menjadi juara NBA 2020, Los Angeles Lakers tampaknya memiliki masalah dengan beberapa pemain yang berstatus bebas agen. Khususnya bigman seperti Dwight Howard dan JaVale McGee. Kalau mereka berdua pergi, Lakers bisa mengembalikan DeMarcus Cousins. Pemain yang dibebaskan dari kontrak pada bulan Februari lalu.

Lakers memiliki front-court terkuat di liga, yaitu Anthony Davis, Dwight Howard, dan JaVale McGee. Tetapi kombinasi akan segera berubah setelah mereka menjadi juara musim lalu. Howard menjadi pemain bebas agen, sementara McGee punya pilihan untuk tidak memperpanjang kontraknya dengan Lakers. Beberapa rumor juga sudah beredar, seperti Golden State Warriors yang berminat mendatangkan Dwight Howard.

Baca Juga: Golden State Warriors Inginkan Dwight Howard

Bill Oram dari The Athletic baru-baru ini mengatakan bahwa tantangan Lakers adalah mencari senter yang berkualitas, bila mereka berdua pergi. Tetapi sebenarnya, Lakers sudah punya pemain yang bisa menggantikannya.

"Howard mencari kontrak baru yang lebih besar, dan McGee berpeluang keluar dari Lakers dan masuk pasa bursa pemain bebas agen. Tampaknya, sudah waktunya Lakers mencari DeMarcus Cousins," kata Bill Oram.

Pernyataan tersebut sangat beralasan. Sebab, Anthony Davis sekarang sedang mencari kesepakatan dengan Lakers. Intinya, dia masih ingin bermain bersama LeBron James. Tetapi di sisi permainan, Davis lebih suka bermain di posisi empat. Jadi Lakers membutuhkan pemain lain untuk mengisi posisi yang akan ditinggalkan Howard dan McGee. Cousins dianggap sebagai pemain yang tepat untuk bermain di posisi tersebut.

Berbicara soal chemistry bermain, Cousins dan Anthony Davis permain bermain bersama di New Orleans Pelicans, termasuk Rajon Rondo. Jadi Lakers tidak perlu khawatir dengan komunikasi di tim bila Cousins masuk roster Lakers.

"Selain pernah bermain bersama. Cousins pernah tinggal lebih dari enam bulan bersama tim Lakers musim ini. Tentu itu jadi modal bagus. Pemain-pemain Lakers juga tampak akrab dengan Cousins," imbuh Bill Oram.

Masalah yang masih menghantui sampai saat ini hanyalah kebugaran. Setelah menandatangani kontrak dengan Lakers di tahun 2019 lalu, Cousins menderita cedera ACL saat latihan pra-musim. Karena tidak kunjung sembuh, Cousins akhirnya dibebaskan dari semua kewajiban oleh Lakers pada bulan Februari 2020 lalu.

Lakers harus berhati-hati saat menawarkan kontrak jangka panjang kepada Cousins, mengingat kondisi fisiknya yang tidak seperti dulu lagi. Setidaknya, Lakers bisa menawarkan kontrak satu tahun dulu. Lalu berpikir untuk perpanjangan di akhir musim depan. Sebab, Cousins hanya bermain kurang dari 80 pertandingan selama tiga tahun terakhir.

Baca Juga: DeMarcus Cousins Bicara Tentang Badai Cedera yang Menghantamnya

Cousins masuk NBA pada tahun 2010. Dia bermain untuk Sacramento Kings sejak 2010 hingga 2017. Pada tahun 2017, Cousins terlibat perdagangan dengan New Orleans Pelicans. Setelah sempat bermain dua musim, Cousins menderita cedera Achilles. Setelah sembuh, Cousins dikontrak oleh Golden State Warriors, dengan nilai kontrak yang lebih murah. Namun pada 16 April 2018, Cousins harus absen dengan waktu yang tidak terbatas karena cedera paha. Pada 6 Juli 2019, Lakers memberinya kontrak baru. Sayangnya, sebelum bermain di musim reguler 2019-2020, Cousins cedera ACL. (tor)

Foto: Silver Screen and Roll

Komentar