IBL

DeMarcus Cousins hampir tidak ada kabar selama masa bebas 2019 ini. Ia bahkan tidak dekat dengan tim mana pun. Golden State Warriors juga tidak berusaha menyodorkan kontrak baru. Namun, penantian Cousins berakhir pada Sabtu, 6 Juli 2019 waktu setempat.

Menurut laporan Adrian Wojnarowski, ESPN, Cousins telah sepakat merapat ke Los Angeles. Ia akan bergabung bersama Lakers dengan kontrak satu tahun senilai AS$3,5 juta. Jeff Schwartz, agennya, mengabarkan itu kepada media.

Selain Lakers, Miami Heat sebenarnya tertarik kepada Cousins. Namun, beberapa pemain Lakers, termasuk Anthony Davis, berhasil merayunya untuk merapat ke Los Angeles. Kebetulan Cousins dan Davis pernah satu tim ketika membela New Orleans Pelicans pada 2017-2018.

Cousins berpisah dengan Davis setelah kontraknya habis bersama Pelicans. Warriors kemudian mengakuisisinya lewat sodoran kontrak satu tahun pada 2018-2019. Cousins menerima itu karena tidak ada tim lain yang menawarnya. Apalagi mengingat riwayat cedera Achilles-nya yang berisiko.

Senter berusia 28 tahun itu membela Warriors semusim saja. Ia tampil dalam 30 pertandingan musim reguler dengan rata-rata 16,3 poin, 8,2 rebound, 3,6 asis, 1,3 steal, dan 1,5 blok. Cousins hanya bisa tampil sebanyak itu karena cederanya belum pulih benar di awal musim.

Cousins bahkan sempat mengalami cedera lagi di playoff. Ia terpaksa menepi setelah terkena cedera otot kuadrisep di putaran pertama melawan Los Angeles Clippers. Cousins baru bisa tampil lagi di Final NBA. Sayangnya, ia gagal mengantarkan Warriors ke podium juara. Sebab, Toronto Raptors mengalahkan mereka dengan kedudukan 4-2.

Selepas final, Warriors tidak tertarik untuk mempertahankan Cousins. Mereka memang hanya berniat menggunakan jasanya selama setahun. Cousins pun terpaksa menjadi pemain bebas.

Di saat bebas, Cousins sempat tidak mendapat tawaran dari tim mana pun, sampai akhirnya Lakers menghubunginya. Mereka sepakat untuk bekerja sama selama setahun ke depan. Lakers ingin Cousins membantu Davis dkk. merebut gelar juara 2019-2020. (put)

Foto: NBA

Komentar