IBL

NBA, Asosiasi Pemain, dan beberapa pelatih klub di liga ingin membantu Delonte West keluar dari kesulitannya. Foto West viral di awal pekan lalu. Dia terlihat lusuh dan meminta-minta uang di jalanan Dallas, Amerika Serikat. Doc Rivers sebagai pelatih yang mengambilnya dari Draft NBA 2004 dan pelatihnya di Boston Celtics, menggalang bantuan untuk West.

Delonte West adalah mantan pemain NBA yang kini usianya 37 tahun. Setelah pensiun pada 2015, West kurang beruntung dalam kehidupannya. Menurut berita yang dilansir TMZ, West telihat di jalanan kota Dallas, berpakaian kotor, dan diduga meminta uang di jalan. Akhrinya Doc Rivers sebagai mantan pelatihnya mengajak liga dan Asosiasi Pemain NBA membantunya.

Awal tahun ini, sebuah video beredar di media sosial, menunjukkan West diborgol, setelah itu dia dipukuli oleh seseorang yang tidak disebutkan namanya. Kemudian pada akhir bulan Januari, NBPA sebagai asosiasi pemain mencoba menghubungi West, dan menawarkan bantuan kepadanya. Manajer Boston Celtics, Danny Ainge juga pernah menawarkan bantuan pada West.

"West jelas memiliki beberapa masalah yang coba dia hadapi. Saya berharap dia bisa memperbaiki hidupnya, dan kembali ke jalur yang baik," kata Danny Ainge.

Delonte West memulai karier di NBA pada tahun 2004 bersama Boston Celtics, yang saat itu dilatih oleh Doc Rivers. West kala itu menjadi pemain muda yang dianggap Rivers punya masa depan cemerlang. Kemudian pada tahun 2007 pindah ke Seattle SuperSonics selama satu musim (2007-2008). Dari situ, West pindah ke Cleveland Cavaliers (2008-2010), hingga akhirnya kembali ke Celtics untuk satu musim kompetisi (2010-2011). West terakhir bermain di NBA bersama Dallas Mavericks (2011-2012).

West mencoba merintis karier di Cina. Dia bergabung dengan Fujian Xunxing (2013-2014), dan Shanghai Sharks (2014). Upaya tersebut mungkin tidak membuat dirinya sukses, akhirnya pindah ke Amerika, dan bermain dengan tim Texas Legends (2015). Setelah itu, West menghilang dari lingkungan basket. (tor)

Foto: Complex

Komentar