IBL

Gim perdana final Wilayah Barat yang digelar Jumat, 18 September 2020, waktu setempat, hanya berjalan sengit di kuarter pertama. Selepas itu, Los Angeles Lakers tampil dominan dan mendikte permainan. Selain akurasi tembakan mereka yang cukup tinggi di gim ini, Lakers juga tertolong banyaknya pelanggaran yang dibuat oleh Denver Nuggets. Keunggulan besar di kuarter tiga tak terkejar lagi oleh Nuggets dan Lakers menang dengan skor akhir 126-114.

Lakers memasukkan 42 persen tembakan mereka dari luar garis busur (11/26) dan efektif 44/83 (53 persen) secara keseluruhan. Lakers juga mendapatkan 37 percobaan tembakan gratis di mana 27 di antaranya menemui sasaran (73 persen). Pertahanan Lakers  terlalu sulit ditembus oleh Nuggets terbukti dengan 10 dari 16 turnover Nuggets adalah steal dari Lakers.

Anthony Davis jadi top skor gim dengan dobel-dobel 37 poin, 10 rebound, dan 4 asis. Nuggets tampak kebingungan menghentikan Davis yang memasukkan 12/21 tembakannya (57 persen). Kesulitan itu berujung pada 15 kali pelanggaran yang berujung tembakan gratis dan Davis berhasil memasukkan 12 di antaranya (80 persen).

(Baca juga: Mencari Susunan Pemain Terbaik Lakers Melawan Nuggets)

LeBron James juga dobel-dobel dengan 15 poin, 6 rebound, dan 12 asis. LeBron tak cukup agresif mengejar angka terbukti hanya membuat 11 kali percobaan tembakan (masuk 6 =54 persen).   Kentavious Caldwell-Pope menyusul dengan 18 poin, Dwight Howard 13 poin, sedangkan Rajon Rondo 7 poin plus 9 asis.

Dari Nuggets hanya ada tiga pemain yang mencetak dua digit angka. Dua bintang andalan mereka, Nikola Jokic dan Jamal Murray sama-sama mencetak 21 poin. Keduanya sama-sama tak bermain di kuarter empat karena selisih poin yang terlalu jauh dan personal foul yang juga sudah tinggi. Jokic mengantongi lima foul di akhir kuarter tiga sedangkan Murray empat foul. Michael Porter Jr. melengkapi daftar dengan dobel-dobel 14 poin dan 10 rebound dari bangku cadangan.

Hasil ini membuat Lakers kini unggul (1-0) di final Wilayah Barat. Secara pertemuan keseluruhan kedua tim di playoff, ini jadi kemenangan ke-22 Lakers dari 29 perjumpaan dengan Nuggets. Selain itu, ini juga jadi kali pertama pada playoff NBA 2020 di mana Lakers meraih kemenangan di gim pertama sebuah seri. Gim 2 final Wilayah Barat akan digelar lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar