IBL

Denver Nuggets tampil efektif di gim 3 final Wilayah Barat melawan Los Angeles Lakers, Selasa, 22 September 2020, waktu setempat. Sempat tertinggal di awal laga, Nuggets membalik keadaan dan mendominasi kuarter dua dan tiga hingga sempat unggul 20 poin. Keunggulan ini memang sempat terpangkas, tapi Lakers tak pernah berhasil membalik keadaan. Nuggets menang dengan skor akhir 114-106.

Terpangkasnya keunggulan Nuggets di kuarter empat tak lepas dari pertahanan zona 1-2-2 Lakers yang menyulitkan. Di separuh perjalanan kuarter empat, pertahanan Lakers berhasil membuat Nuggets membuat enam turnover beruntun. Hal ini membuat kedudukan sempat menjadi hanya empat poin saja. Namun, Nuggets akhirnya bertahan dari kejaran Nuggets melalui performa apik Jamal Murray yang mencetak dua tripoin sulit.

(Baca juga: Buzzer Beater Anthony Davis Hancurkan Momen Kebangkitan Nuggets)

Murray sendiri menutup gim nyaris dengan tripel-dobel. Selama 43 menit di lapangan (pemain dengan menit bermain terlama), Murray mencetak 28 poin, 8 rebound, dan 12 asis. Ia memasukkan 4/8 tripoin (50 persen) dan 58 persen secara tembakan keseluruhan (10/17).  Catatan asis Murray di gim ini merupakan yang tertinggi untuknya di playoff.

Tak hanya Murray yang tampil efektif, Nikola Jokic dan Jerami Grant juga memberikan performa serupa. Jokic dobel-dobel dengan 22 poin, 10 rebound, dan 5 asis. Jokic menceploskan 9/14 tembakannya (64 persen). Jokic di gim ini mendapatkan banyak tekanan dari Dwight Howard tapi tampak sama sekali tak terpengaruh.

Grant memberikan sumbangsih luar biasa dengan 26 poin, 3 rebound, dan 2 steal. Ini adalah catatan poin tertinggi Grant sepanjang kariernya bermain di playoff. Ia memasukkan 7/11 tembakan (63 persen) dan 10/12 tembakan gratis (83 persen). Dari bangku cadangan, Monte Morris menutup daftar dengan 14 poin selama 19 menit.

LeBron James tampil menguasai seluruh area permainan dengan tripel-dobel 30 poin, 10 rebound, 11 asis, 2 steal, dan 2 blok. Ini adalah tripel-dobel ke-26 LeBron yang membuatnya hanya berjarak empat tripel-dobel dengan Magic Johnson yang memimpin daftar tripel-dobel terbanyak playoff. LeBron juga moncer dengan akurasi 61 persen (14/23).

(Baca juga: Mencari Susunan Pemain Terbaik Lakers Melawan Nuggets)

Anthony Davis yang jadi pemain terlama di lapangan kedua dengan 42 menit menambahkan 27 poin dan 2 rebound, Ya, catatan 2 rebound sepanjang gim ini tidak sering terjadi. Deretan pemain besar Lakers, Davis, Howard, dan McGee total hanya mengumpulkan 4 rebound di gim ini. Kentavious Caldwell-Pope menyusul dengan 12 poin, Kyle Kuzma 11 poin dari bangku cadangan, sedangkan Rajon Rondo memberi kontribusi dengan 9 poin, 8 rebound, dan 3 steal.

Hasil ini membuat Nuggets kini menipiskan ketinggalan mereka menjadi (2-1). Nuggets memang wajib memenangi gim ini karena dalam sejarah playoff NBA, tidak pernah ada tim yang berhasil bangkit jika tertinggal (3-0). Untuk Lakers, ini jadi kekalahan pertama mereka dalam tujuh gim terakhir. Gim 4 akan digelar lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA/Getty Images

 

Komentar