IBL

Media sosial dibanjiri reaksi dan komentar tentang Denver Nuggets, setelah mereka mengalahkan LA Clippers di semifinal Wilayah Barat, Selasa, 15 September waktu Amerika Serikat. Kebanyakan dari mereka mengaku kalau prediksi yang selama ini dibuat sudah salah. Jamal Murray dan Nikola Jokic membuat Nuggets membalikkan prediksi tersebut.

Reaksi pertama datang dari Jamal Crawford. Pemain veteran di NBA itu menuliskan bahwa dirinya tidak mengira bahwa bukan All-Los Angeles yang tersaji di final Wilayah Barat. Sebagai pemain yang pernah membela Clippers (2012-2017), Jamal mengibaratkan tim kesayangannya sudah dirampok oleh Nuggets.

Lalu ada legenda NBA Earving Magic Johnson yang sempat mengatakan dirinya akan menyaksikan dengan seksama final Wilayah Barat bila Clippers bertemu Lakers. Tapi justru Clippers harus menerima kenyataan gugur di semifinal. Magic Johnson menulis di twitter-nya kalau Clippers mengulangi hal yang sama di musim 2014-2015 lalu. Clippers juga kalah di semifinal Wilayah Barat di gim ketujuh dari Houston Rockets.

Duo dinamis Jamal Murray dan Nikola Jokic memimpin Nuggets jadi tim yang menghancurkan prediksi para pengamat NBA. Mereka bisa membuat Nuggets melaju ke final Wilayah Barat untuk pertama kalinya sejak 2009. Nuggets juga menjadi tim pertama dalam sejarah NBA yang bangkit dari defisit seri 1-3 dua kali dalam satu edisi playoff.

Bahkan lebih banyak catatan sejarah yang berhasil ditorehkan. Nuggets adalah tim ketiga di olahraga profesional Amerika Serikat yang bangkit dari dua kali defisit 1-3 di playoff. Sebelumnya ada bergabung dengan Kansas City Royals di Major League Baseball (MLB) tahun 1985 dan Minnesota Wild di National Hockey League (NHL) tahun 2003.

Baca Juga: Nuggets Pulangkan Clippers, Tantang Lakers di Final Wilayah Barat

Jokic dan Murray membantu Nuggets memberikan hadiah ulang tahun ke-49 yang indah bagi kepala pelatih Michael Malone. Nuggets juga berhasil bangkit dari defisit skor dua digit dalam dua pertandingan terakhir. Itulah yang membuat Clippers terkejut.

Clippers adalah tim yang belum pernah sampai ke final konferensi sejak era Buffalo Braves (1070-1978), San Diego Clippers (1978-1984), hingga Los Angeles Clippers (1984-sekarang). Atau sederhananya, mereka tidak pernah ke final Wilayah Barat sejak berdiri hingga sekarang. Clippers membuang kesempatan melaju ke final konferensi delapan kali. Artinya mereka delapan kali kalah di semifinal wilayah. Meskipun ada tambahan Kawhi Leonard dan Paul George, Clippers masih gagal menghapus kutukan tersebut.

Jokic dan Murray setelah pertandingan menegaskan bahwa mereka tidak merasa ada tekanan di gim tujuh. Jokic mengatakan bahwa gim tujuh sama dengan gim-gim lainnya. Lagipula, ini merupakan gim tujuh keempat bagi Jokic sejak playoff musim lalu.

Denver Nuggets pernah sampai ke final konferensi tiga kali yaitu di musim 1977-1978, 1984-1985, 2008-2009. Dari tiga kesempatan tersebut mereka gagal melanjutkan ke Final NBA. Ini menjadi tantangan baru bagi Jokic dan Murray. Mampukah mereka membawa Denver Nuggets ke Final NBA musim ini? (tor)

Foto: NBA

Komentar