IBL

Memphis Grizzlies mengumumkan bahwa mereka menambah satu asisten pelatin baru mendampingi Taylor Jenkins, Jumat, 11 September waktu setempat. Dia adalah Sonia Raman, seorang wanita yang sebelumnya menjadi kepala pelatih basket wanita di Massacussetts Institute of Technology (MIT). Sonia memimpin tim tersebut sejak 2008 hingga 2020.

The Engineers -julukan tim basket MIT- menikmati kesuksesan di bawah asuhan Raman. Mereka dua kali menjadi juara di England Women's and Men's Athletic Conference (NEWMAC) pada tahun 2018-2019.

Selama menjadi pelatih, Raman membawa kampus tersebut mengumpulkan rekor 91-45 dalam lima musim di NCAA. Raman berhasil membuat delapan pemainnya memperoleh penghargaan All-Conference NEWMAC, termasuk empat penghargaan Rookie of the Year.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada MIT dan semua pemain yang menghormati saya sebagai pelatih dalam 12 tahun terakhir. Saya berharap program ini sukses," kata Sonia Raman.

Pada September 2017, Raman terpilih sebagai Dewan Pelatih untuk Aliansi Pelatih Wanita. Program tersebut membantu pelatih wanita untuk mengembangkan potensinya. Mereka ingin bisa berprestasi layaknya pelatih pria di liga-liga profesional Amerika Serikat.

Selain kiprahnya di bidang kepelatihan yang bagus, Grizzlies memilih Raman karena punya IQ bola basket yang tinggi. Dia juga punya kemampuan yang luar biasa untuk melatih pemain muda.

"Kami sangat bersemangat menyambut Sonia di Memphis Grizzlies," kata kepala pelatih Grizzlies, Taylor Jenkins. "Dia akan menambah kekuatan kami dari sisi kepelatihan."

Raman memulai karir kepelatihan antar perguruan tinggi sebagai asisten pelatih di almamaternya, Universitas Tufts. Sebelumnya dia bermain selama empat tahun dan menjadi kapten tim basket kampus itu. Raman lulus pada tahun 1996 dengan gelar Bachelor of Arts dalam Hubungan Internasional. Raman kemudian menerima gelar Juris Doctor dari Boston College Law School pada tahun 2001.

"Saya sangat senang memiliki kesempatan untuk menjadi bagian dari staf pelatih Memphis Grizzlies. Saya tidak sabar untuk pergi ke Memphis dan memulai bekerja dengan Taylor (Jenkins), stafnya dan tim inti muda yang sedang berkembang," kata Raman.

Sonia Raman akan menjadi asisten pelatih wanita kedua di NBA. Sebelumnya, ada Becky Hammon yang kini mendampingi Gregg Popovich di San Antonio Spurs. (tor)

Foto: The Boston Globe

Komentar