IBL

Giannis Antetokounmpo keluar di awal kuarter kedua Gim 4 Semifinal Wilayah Timur, Minggu, 6 September 2020 waktu setempat. Cedera engkel yang didapat pada gim ketiga tampak semakin parah. Dia diragukan tampil di gim kelima. Bucks masih harus menghadapi laga hidup-mati, dan tetap berada di jurang eliminasi karena tertinggal 1-3.

Beberapa hari terakhir, mental penyerang utama Bucks itu benar-benar diuji. Media olahraga banyak menulis tentang dirinya akhir-akhir ini. Khususnya setelah Bucks tertinggal 0-3 dari Miami Heat. Gelarnya sebagai Defensive Player of the Year NBA 2019-2020, MVP NBA 2018-2019, dan sekaligus calon MVP NBA 2019-2020 dipertanyakan. Karena Antetokounmpo dianggap tidak bisa menyelamatkan timnya dari gempuran Heat. Kondisi tersebut makin buruk ketika dirinya mengalami cedera engkel.

Antetokounmpo mendapatkan cedera engkel kanan di gim ketiga. Dirinya keluar dari arena permainan dengan kaki pincang. Banyak yang meragukan dirinya bisa bermain di laga keempat melawan Heat hari ini. Namun saat itu Antetokounmpo bersikeras dirinya tetap bermain di gim ketiga, dan berkata bahwa cedera tersebut tidak mengganggunya selama pertandingan.

Baca Juga: Giannis Antetokounmpo Cedera Engkel di Gim 3

Antetokounmpo pun bisa turun di gim keempat. Tetapi dengan kondisi emosi yang tidak stabil. Tekanan media ditambah tekanan pertandingan membuatnya kurang kontrol bermain. Terutama ketika Bucks tertinggal 22-31 di kuarter pertama.

Di awal kuarter kedua, Antetokounmpo melaju ke keranjang, mencoba melewati Andre Iguodala. Saat ingin melompat, tumpuan kaki kanannya tidak sempurna. Pergelangan kakinya terpelintir. Tak lama setelah itu, semua pemain Bucks berkumpul dengan wajah cemas.

Antetokounmpo mendapatkan perawatan di bangku cadangan. Dia sempat kembali untuk melakukan tembakan gratis. Setelah itu dia dibawa ke ruang ganti untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Bucks mengumumkan bahwa Antetokounmpo tidak akan kembali ke permainan di akhir kuarter kedua. Dia menyelesaikan laga dengan mencetak 19 poin dalam 11 menit 29 detik.

Menurut Adrian Wojnarowski dari ESPN, Antetokounmpo sebenarnya mendapatkan balutan khusus di kaki kanan sebelum gim keempat dimulai. Dia dilarang melompat dan berlari kencang. Namun Antetokounmpo melanggar larangan tersebut, sehingga cederanya makin parah. Belum ada yang berani menjamin Antetokounmpo bisa bermain kembali di gim kelima.

Giannis Antetokounmpo menjadi calon MVP di NBA musim 2019-2020 dengan catatan rata-rata 29,5 poin, 13,6 rebound dan 5,6 asis per gim. Pada babak playoff putaran pertama melawan Orlando Magic, Antetokounmpo mencetak rata-rata 30,6 poin, 16 rebound, dan 6,0 asis.

Tapi dalam tiga gim pertama dari semifinal melawan Miami Heat, angka ofensif-nya merosot. Dia rata-rata mencetak 22,7 poin, 13,3 rebound, dan 7,0 asis. Akurasinya turun di kisaran 45 persen. (tor)

Foto: NBA

Komentar