IBL

Milwaukee Bucks selamat dari eliminasi. Mereka memenangi gim hidup-mati setelah sebelumnya tertinggal 0-3 di Semifinal Wilayah Timur. Bucks menang 118-115 dari Miami Heat lewat overtime, pada Gim 4 yang berlangsung Minggu, 6 September waktu setempat. Giannis Antetokounmpo cedera parah di gim tersebut. Beruntung ada Khris Middleton yang mampu menyelamatkan Bucks.

Emosi Giannis Antetokounmpo tidak terkendali ketika melihat timnya dihajar 22-31 oleh Heat di kuarter pertama. Memasuki kuarter kedua, Antetokounmpo yang memaksa melompat dari garis tembakan gratis justru melukai pergelangan kaki kanannya. Kaki tersebut terpelintir saat akan bertumpu, sehingga membuatnya terjatuh. Antetokounmpo pun dipapah keluar lapangan dan tidak kembali.

Sebelum dibawa ke ruang ganti, Giannis Antetokounmpo tampil 11 menit dengan mencetak 19 poin, 4 rebound, 1 steal, dan 1 blok. Laga pun dilanjutkan tanpa MVP NBA 2019 tersebut.

Heat lengah di kuarter kedua. Mereka tertinggal 17-28. Momentum tersebut dimanfaatkan Bucks untuk mengejar ketertinggalan poin sejak kuarter pertama. Di akhir kuarter ketiga, Bucks berbalik unggul 91-85.

Drama terjadi di satu menit terakhir kuarter keempat. Heat memimpin 107-106 lewat tripoin Tyler Herro memanfaatkan asis dari Bam Adebayo. Sayangnya, Goran Dragic melakukan pelanggaran di sisa satu detik terakhir. Satu tembakan gratis DiVincenzo menyeret gim ke babak tambahan waktu (overtime).

Di babak overtime Bucks unggul 11-8 yang membuat mereka lolos dari eliminasi. Mereka sukses memperpanjang nafas dengan agregat 1-3. Pahlawan Bucks kali ini adalah Khris Middleton. Ia mencetak 36 poin, 8 rebound, 8 asis, dan 2 steal. Middleton sudah membuat 21 poin di kuarter kedua yang merupakan poin tertinggi pemain Bucks di playoff sejak 1996-1997. Middleton kini menyamai rekor Kareem Abdul-Jabbar di Bucks, sebagai pemain yang mencetak lebih dari 35 poin di playoff.

Selain Middleton, Brook Lopez dan Eric Bledsoe masing-masing menyumbang 14 poin. Bledsoe juga menambahkan 10 rebound. Kemudian George Hill membuat 12 poin, dan Donte DiVincenzo menyumbang 10 poin.

Sebaliknya, di kubu Miami Heat, Bam Adebayo mencetak 26 poin, 12 rebound, dan 8 asis. Selain poin tertinggi sepanjang kariernya, Adebayo bergabung dengan LeBron James, Dwyane Wade, dan Shaquille O'Neal sebagai pemain yang mencetak lebih dari 25 poin, 10 rebound, dan 5 asis dalam sejarah Miami Heat.

Duncan Robinson menyumbang 20 poin untuk Heat. Disusul Jae Crowder yang mencatatkan 18 poin di kertas statistik. Jimmy Bulter dan Goran Dragic yang masing-masing mencetak 17 poin. Lalu Tyler Herro menyelesaikan gim dengan sumbangan 11 poin.

Agregat antara Heat dan Bucks sekarang menjadi 3-1. Heat masih memimpin. Gim kelima Semifinal Wilayah Timur akan digelar Selasa, 8 September waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: NBA

Komentar