IBL

Tim Riga dari Latvia mampu memenangkan FIBA ​​3x3 World Tour Hungaria Masters 2020 yang berlangsung pada 1-2 September waktu setempat. Ini merupakan seri kedua dari tiga Masters yang menjadi uji coba FIBA setelah pandemi virus korona reda.

Kompetisi 3x3 mulai menggeliat setelah mati suri karena pandemi virus korona. Dua hari lalu, Debrecen Masters digelar sebagai kompetisi uji coba pertama yang menerapkan protokol kesehatan. Dari dua gelaran ini, FIBA menilai bahwa para pemain, staf pertandingan, dan semua yang hadir mulai mengerti tentang protokol kesehatan yang dibuat oleh FIBA.

Kembali ke kompetisi. Setelah kalah dari Ub (Serbia) di babak penyisihan, Riga akhrinya memenangkan gim dengan skor 21-20, yang juga mengalahkan tim Ub. Penembak jitu Edgars Krumins memiliki mencetak sembilan poin di gim final. Tetapi penentu kemenangan Riga adalah Nauris Miezis, yang mencetak buzzer beater.

Mantan pemain nomor satu 3x3 di dunia, Karlis Lasmanis, yang juga anggota tim Riga dinobatkan sebagai MVP di Hungary Masters 2020. Lasmanis sepanjang kompetisi mencetak 30 poin dari lima pertandingan. Ini menjadi gelar Masters keempat bagi Riga.

Di Hungary Masters ini juga bertanding tim NY Harlem. Salah satu anggota tim tersebut adalah David Seagers. Pemain yang selalu jadi pilihan tim-tim IBL pada Draft Pemain Asing. Pada IBL 2020, Seagers sempat memperkuat Bank BPD DIY Bima Perkasa. Namun di ganti di tengah musim, karena menurut Bima Perkasa, penampilan Seagers menurun. Tetapi di Hungary Masters 2020, NY Harlem sampai di semifinal, sebelum akhirnya dikalahkan Riga dengan skor 21-15.

Dari kontes individu, Piotr Grabowski asal Polandia memenangkan Kontes Dunk. Kemudian dari Shoot-out Contest, pemain NY Harlem Dominique 'Disco Domo' Jones menjadi pemenangnya.

Selanjutnya, FIBA 3x3 World Tour 2020 akan belanjut ke Eropa Masters pada 4-5 September. Semua langkah kesehatan dan keselamatan pemain diawasi oleh otoritas kesehatan lokal dan nasional dengan panduan yang dibuat oleh FIBA ​​Medical Advisory Group (MAG). (tor)

Foto: FIBA

Komentar