IBL

Jimmy Butler mampu membawa Miami Heat menang 115-104 di Gim 1 Semifinal Wilayah Timur, Senin, 31 Agustus waktu setempat. Lebih istimewa lagi, Butler membuat 40 poin dalam satu gim playoff. Pencapaian hari ini menyamai rekor yang pernah dicetak oleh LeBron James dan Dwyane Wade saat membela Heat.

Sebenarnya, bila melihat sejarah klub Miami Heat. Ada tiga pemain yang sebelumnya mencetak lebih dari 35 poin di gim playoff. Mereka adalah Dwyane Wade (14 kali), LeBron James (9 kali), dan Tim Hardaway (1 kali). Dengan torehan 40 poin hari ini, Jimmy Butler juga masuk dalam kelompok tersebut.

Tetapi yang paling fantastis yaitu, Butler masuk dalam kelompok pemain Heat yang pernah mencetak 40 poin dalam satu gim playoff. Mereka adalah Dwyane Wade (7 kali),dan LeBron James (3 kali). Butler menjadi pemain Heat pertama yang mampu mencetak 40 poin di playoff sejak LeBron James di tahun 2014 silam.

"Saya merasa seperti saya naik level pada kuarter keempat," kata Butler usai pertandingan. "Jika perlu, saya harus bisa melakukannya di setiap pertandingan. Tapi kami sebenarnya punya begitu banyak pemain yang mampu melakukannya."

Dalam wawancara usai laga, Butler mengaku bahwa orang pertama yang mengucapkan selamat tentang pencapaiannya adalah Dwyane Wade. Ini merupakan kehormatan baginya. Selain itu, Erik Spoelstra sebagai kepala pelatih Heat sudah membaca ini sejak awal.

"Dia menginginkan momen seperti ini," kata pelatih Heat Erik Spoelstra. "Butler benar-benar pemain yang hebat."

Butler mencetak 40 poin untuk Miami, dengan menghasilkan 13 dari 20 percobaan tembakan. Selama ini, karier poin tertinggi Butler adalah 38 poin saat dirinya di Miami Heat, lalu 36 poin saat masih membela Philadelphia 76ers.

"Sama seperti mereka belajar untuk menjadi lebih baik. Kami akan melakukan hal yang sama," kata Butler, ketika ditanya tentang rahasia di balik kemenangan hari ini.

Heat dan Bucks masih bertemu satu kali di Semifinal Wilayah Timur. Masih panjang perjalanan kedua tim untuk menuju tangga juara. Gim kedua nanti akan berlangsung Rabu malam, 2 Agustus 2020 waktu setempat. (tor)

Foto: NBA

Komentar