IBL

Miami Heat memberi pukulan keras bagi Los Angeles Lakers. Mereka menang 111-108 di Gim 5 Final NBA 2020, Jumat, 9 Oktober waktu setempat. Lakers harus menunda pesta juara musim ini. Ironisnya, Lakers kalah saat memakai jersei "Black Mamba" kebanggaan mereka. Kini Miami Heat mendekat 2-3 di seri Final NBA 2020.

Jimmy Butler mencetak tripel dobel dengan torehan 35 poin, 12 rebound, dan 11 asis. Duncan Robinson membantu dengan catatan 26 poin, disusul Kendrick Nunn (14 poin), Bam Adebayo (13 poin), Tyler Herro (12 poin), Jae Crowder (11 poin). Di tim Lakers, LeBron James mencetak 40 poin dan 13 rebound. Anthony Davis yang sempat cedera tumit di kuarter pertama menyumbang 28 poin dan 12 rebound. Sedangkan Kentavious Caldwell-Pope mencetak 16 poin.

Miami Heat menurunkan Jimmy Butler, Bam Adebayo, Tyler Herro, Duncan Robinson dan Jae Crowder sebagai pemain ini. Sedangkan Lakers memainkan LeBron James, Anthony Davis, Dwight Howard, Danny Green, dan Kentavious Caldwell-Pope.

Enam poin dan dua rebound Davis di awal kuarter pertama memberikan Lakers keunggulan 18-13. Tetapi, Heat menjawab lewat tripoin Kendrick Nunn yang membawa mereka berbalik unggul 20-18 di sisa tiga menit kuarter pertama. Setelah itu, Davis terlihat kesakitan di pinggir lapangan sambil memegang kaki kanannya. Dalam tayangan ulang, tidak terlihat jelas apa yang menyebabkan cedera. Namun Davis tampak salah tumpuan saat berebut rebound dengan Andre Iguodala. Setelah Davis keluar, Heat memimpin 25-24 di akhir kuarter pertama.

Lakers melaporkan bahwa Davis menderita cedera tumit. Tapi masih bisa kembali ke lapangan. Sebaliknya, Nunn berhasil membuat Heat memimpin 37-36. Heat juga sempat unggul 41-33 di sisa enam menit kuarter kedua. Setelah itu, Lakers memotong transisi Heat, memaksa mereka melakukan turnover. Dari situ, James melakukan tugasnya sebagai pendulang poin utama. Kurang dari dua menit babak pertama, James mencetak 21 poin dengan akurasi 9 dari 11 percobaan. Namun Butler menutup kuarter kedua dengan tripoin yang menawan. Heat unggul 60-56.

Adu tembakan tripoin terjadi di kuarter ketiga. Heat membuat dua kali fourth point play dari Crowder dan Robinson. Ini membuat mereka unggul 86-80. Namun sebelum itu, Butler menerima pelanggaran keras dari Dwight Howard di sisa waktu enam menit. Howard yang ingin menepis bola justru sikunya menghantam kepala Butler. Kuarter ketiga ditutup dengan skor 88-82 untuk keunggulan Heat. Butler mencetak 27 poin, 9 rebound dan 10 asis hingga kuarter ketiga.

Lakers bangkit di kuarter keempat yang dibuka oleh tripoin James. Dua tembakan gratis Davis di sisa enam menit membuat Lakers mendekat 94-96. Puncaknya, Lakers berbalik unggul 97-96 lewat tripoin Caldwell-Pope. Dia juga berhasil menjauhkan Lakers 99-96 lewat slam dunk. Ketegangan terjadi setelah Butler dan Robinson membuat Heat kembali memimpin 101-99 di sisa tiga menit. Skor sama kuat (101-101) tercipta setelah James memasukkan dua tembakan gratis.

Dalam dua menit terakhir, pertandingan berubah jadi persaingan antara Jimmy Butler dan LeBron James. Di sisa 21 detik, Lakers memimpin 108-107 lewat dua poin dari Davis. Butler kembali membalik keadaan 109-108 di sisa 16 detik. Heat menutup keunggulan dengan dua tembakan gratis Tyler Herro. 

Gim keenam Final NBA 2020 akan berlangsung hari Minggu, 11 Oktober waktu Amerika Serikat. (tor)

Foto: NBA

Komentar