IBL

Kasus penembakan yang terjadi kepada Jacob Blake cukup menyita perhatian. Blake ditembak tujuh kali di hadapan tiga orang anaknya yang ada di dalam mobil. Kejadian itu memang tidak sampai merenggut nyawa Blake. Akan tetapi, laporan menyebutkan bahwa Blake mengalami kelumpuhan di area pinggul ke bawah karena salah satu tembakan tersebut mengenai tulang belakangnya.

Para pemain NBA mengecam keras kejadian ini. Buntutnya, Milwaukee Bucks mengambil inisiatif melakukan boikot atas gim mereka yang lantas diikuti oleh tim-tim lain bahkan sampai cabang olahraga lain. NBA sendiri kembali hiatus selama tiga hari dan baru akan melanjutkan playoff 2020 pada Sabtu, 29 Agustus 2020, waktu setempat.

(Baca juga: Milwaukee Bucks Boikot Gim Kelima, Wujud Protes Penembakan Jacob Blake)

Berbagai pendapat mencuat mengenai kejadian ini. Namun, bintang Utah Jazz, Donovan Mitchell, langsung mewujudkan aksi nyata. Bersama sponsornya, adidas, Mitchell mengumukan akan donasikan hasil penjualan sepatu khusus terbarunya, D.O.N Issue #2 sebanyak AS$90 ribu untuk pendidikan anak-anak Blake.

Adapun skema yang dipilih Mitchell dan adidas adalah membagi donasi tersebut. Dalam waktu 45 jam ke depan (terinspirasi nomor punggung Mitchell) pemain kelahiran New York, Amerika Serikat, ini akan menyumbangkan AS$45 ribu royalti penjualan sepatunya. Nantinya, jumlah ini akan disamai oleh adidas yang membuat total donasi keduanya mencapai AS$90 ribu.

“adidas memberikan komitmen solidaritas bersama atlet, pelatih, dan para pemimpin perubahan untuk mendorong langkah-langkah positif serta keadilan atas penembakan tak masuk akal yang terjadi kepada Jacob Blake dan seluruh warga yang terkena dampak dari sistem rasisme yang sudah mendarah daging,” tulis adidas dalam rilis resmi mereka.

(Baca juga: "Ledakan" Donovan Mitchell di Gim Pertama Playoff NBA 2020 Masuk Buku Rekor)

Mitchell sendiri sudah mengenakan sepatu D.O.N Issue #2 selama di “gelembung” NBA. Namun, sepatu itu baru akan dijual di pasaran hari ini dengan harga AS$100. Jenis pertama yang dijual bernama “Spidey-Sense” yang memiliki warna hijau menyala. (DRMK)

Foto: adidas,hypebeast

 

Komentar