IBL

Toronto Raptors hampir saja tumbang dari Brooklyn Nets di gim kedua putaran pertama playoff, Rabu, 19 Agustus 2020, waktu setempat. Nets yang di gim sebelumnya bangkit di akhir-akhir laga, langsung tancap gas di gim ini. Di kuarter pertama ,mereka bahkan sempat unggul hingga 14 poin. Dalam tiga kuarter pertama, Nets selalu menutupnya dengan keunggulan. Sayangnya, Raptors menunjukkan mental juara mereka dengan bangkit di kuarter terakhir dan berbalik menang 104-99.

Raptors tampak sama sekali tak panik meski terus dalam posisi tertinggal dan tembakan mereka tak kunjung membaik. Perlahan, mereka berupaya mencari cara untuk mengejar ketinggalan utamanya setelah mereka kembali tertinggal dua digit poin di kuarter tiga. Adalah Fred VanVleet dan Norman Powell yang jadi penyelamat Raptors di gim ini. Ketiganya tampil spartan di dua kuarter akhir dengan total mencetak berapa poin 29 dari total 54 poin Raptors di dua kuarter tersebut (VanVleet 16 poin, Powell 13 poin). Menariknya, Raptors hanya mencetak 50 poin di paruh pertama. 

VanVleet dan Powell jadi top skor bersama untuk Raptors. VanVleet mencetak dobel-dobel lagi dengan 24 poin, 5 rebound, dan 10 asis. VanVleet jadi pemain terlama di lapagan dengan total 43 menit. Powell yang memulai gim dari bangku cadangan juga mencetak 24 poin yang ditambah 6 rebound. Lowry menambahkan 21 poin dan 9 rebound. Satu-satunya tambahan dua digit poin di Raptors datang dari Pascal Siakam dengan 19 poin dan 6 rebound. Sayangnya, hanya tiga dari total poin tersebut yang datang di paruh kedua.

(Baca juga: Fred VanVleet Wangi, Raptors Ungguli Nets)

Dari kubu Nets, tiga pemain mencetak dobel-dobel. Garrett Temple jadi top skor tim dengan 21 poin. Temple cukup mematikan dari tripoin usai 5/11 tembakannya menemui sasaran (45 persen). Caris LeVert memimpin barisan dobel-dobel dengan 16 poin, 6 rebound, dan 11 asis. Sayangnya, LeVert yang dijaga mati-matian oleh hampir seluruh pemain Raptors kesulitan menemukan tembakan dengan hanya memasukkan 5/22 percobaan (23 persen).

Jarrett Allen seolah membunuh bigman Raptors dengan dominasinya 14 poin, 15 rebound, 5 asis, dan 3 blok. Allen meraup 4 offensive rebound. Joe Harris menorehkan statistik yang identik dengan Allen dengan 14 poin dan 15 rebound. Timothe Luwawu-Cabarrot membukukan 17 poin sedangkan Tyler Johnson melengkapi daftar usai mencetak 12 poin dari bangku cadangan.

Hasil ini membuat Raptors kini unggul (2-0) atas Nets. Lebih dari 95 persen tim yang unggul (2-0) di putaran pertama playoff akan lolos ke semifinal wilayah. Namun, untuk membuktikan data tersebut, Raptors harus merebut kemenangan ketiga terlebih dahulu yang akan digelar lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA