IBL

Semifinal Wilayah Timur resmi dimulai, Minggu, 30 Agustus 2020, waktu setempat. Gim pertama mempertemukan sesama tim sapu bersih di putaran pertama playoff, Toronto Raptors dan Boston Celtics. Di luar dugaan, Celtics tampil sangat mendominasi. Keunggulan 16 poin di akhir kuarter pertama terus mereka jaga. Sempat melebar hingga 24 poin, Celtics membungkus kemenangan di gim perdana ini dengan skor akhir 112-94.

Akurasi tembakan jadi pembeda terbesar kedua tim. Raptors yang biasanya memiliki akurasi tripoin cukup bagus, hanya memasukkan 25 persen tripoin mereka hari ini (10/40). Sebaliknya, Celtics justru menemukan sentuhan terbaik mereka terbukti dengan akurasi tripoin yang mencapai 44 persen (17/39).

Seluruh pemain barisan utama Celtics mencetak dua digit poin. Marcus Smart dan Jayson Tatum sama-sama jadi top skor gim dengan 21 poin. Bedanya, Smart menambahkan 6 rebound dan 4 asis sedangkan Tatum juga mengoleksi 9 rebound. Kemba Walker menyusul dengan dobel-dobel, 18 poin dan 10 asis. Ini adalah dobel-dobel pertama Kemba di babak playoff. Jaylen Brown 17 poin, 5 rebound, dan 4 asis, sedangkan Daniel Theis juga dobel-dobel dengan 13 poin plus 15 rebound. Satu-satunya sumbangsih dua digit poin di luar barisan utama datang dari Robert Williams dengan 10 poin.

(Baca juga: Merespon Kasus Jacob Blake, Raptors Kemungkinan Boikot Gim Lawan Celtics)

Raptors juga memiliki enam pemain yang menyentuh dua digit poin. Sayangnya, tidak ada yang mampu mencetak lebih dari 17 poin. Ditambah lagi, hanya OG Anunoby yang memiliki akurasi keseluruhan di atas 50 persen (lebih dari 5 percobaan di gim ini). OG mencetak 12 poin dan 7 rebound dengan persentase tembakan di angka 67 persen (4/6).

Top skor Raptors adalah Kyle Lowry dengan 17 poin, 6 rebound, dan 8 asis. Namun, enam dari total poin Lowry datang dari tembakan gratis (6/9). Serge Ibaka membukukan 15 poin dan 9 rebound. Pascal Siakam hanya 13 poin sementara Fred VanVleet tertahan di 11 poin, 8 asis, dan 6 steal. VanVleet hanya memasukkan 3/16 tembakan (19 persen). Norman Powell menutup daftar dengan 10 poin.

Hasil ini membuat Celtics untuk sementara unggul (1-0) dari Raptors. Hebatnya lagi, ini adalah kekalahan perdana Raptors dalam delapan gim terakhir mereka. Ya, Raptors selalu berhasil menang di delapann gim terakhir di “gelembung”. Kekalahan terakhir dan satu-satunya mereka sebelum ini terjadi pada 7 Agustus 2020, waktu setempat. Kekalahan itu juga diberikan oleh Celtics. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar