IBL

Kabar buruk mendatangi Boston Celtics. Kemenangan 109-101 mereka atas Philadelphia 76ers di gim pertama playoff kemarin harus dibayar mahal seiring cederanya Gordon Hayward. Hasil pemeriksaan semalam kemudian menunjukkan bahwa Hayward mengalami cedera engkel yang cukup serius atau disebut tingkat tiga. Hal ini memaksanya absen setidaknya empat minggu atau satu bulan.

(Baca juga: JT dan JB Bawa Celtics Menang di Gim Pertama Melawan Sixers)

Cedera ini terjadi saat gim hanya menyisakan tiga menit saja. Dalam perebutan bola rebound, Hayward awalnya hanya melakukan box out kepada Joel Embiid. Namun, ternyata tak satupun pemain mendapatkan bola pantul pertama. Di pantulan kedua, Hayward berusaha merebut bola dengan meloncat. Sayangnya, saat mendarat, ia tidak sempurna dan menginjak kaki rekan satu timnya, Daniel Theis. Hayward langsung berjalan ke belakang ring dan meninggalkan lapangan setelahnya.

Dengan kemungkinan absen satu bulan, maka hampir dipastikan Hayward tidak akan kembali bermain di sisa gim putaran pertama, meski nantinya kedua tim harus berlanjut sampai gim tujuh. Gim tujuh sendiri akan digelar Sabtu, 29 Agustus 2020, waktu setempat, kalau diperlukan. Kemungkinan terburuk bahkan Hayward masih akan absen jika Celtics lolos ke semifinal.

Di sini, takdir seolah bicara untuk Hayward. Sebelum memutuskan bergabung ke “gelembung”, Hayward dikabarkan sudah berbicara ke tim tentang rencananya meninggalkan “gelembung” sementara waktu di sekitar bulan September, jika Celtics masih bermain. Istri mantan pemain Utah Jazz ini sedang mengandung anak keempat mereka dan diperkirakan akan melakukan persalinan di awal atau pertengahan September.

Tanpa Hayward, Celtics bisa dibilang akan mengalami kesulitan matchup. Di gim pertama, Hayward berhasil mencetak 12 poin, 4 rebound, 3 asis, dan 4 steal. Di luar itu, ia menjadi masalah besar untuk Al Horford. Kehadiran Hayward membuat Celtics fleksibel saat menyerang dengan tiga pemain sayap bersama dengan Jaylen Brown dan Jayson Tatum.

Berkaca pada musim reguler, besar kemungkinan Marcus Smart yang akan mengisi kekosongan barisan utama. Dengan ini, Tatum akan bergeser menjadi power forward. Susunan ini sebenarnya menghasilkan fleksibilitas yang nyaris sama saat menyerang. Akan tetapi, saat bertahan, kehilangan Hayward dan masuknya Smart akan menjadi masalah untuk tinggi badan.

(Baca juga: Insiden Cedera Pergelangan Kaki Gordon Hayward di Laga Pembuka NBA 2017-2018)

Musim ini, Hayward seolah bangkit dari trauma cedera parah patah kaki yang ia alami dua musim lalu. Dalam 52 gim yang ia mainkan musim ini (semuanya starter), Hayward mencetak 17,5 poin, 6,7 rebound, dan 4,1 asis per gim. Catatan rebound tersebut merupakan yang tertinggi sepanjang kariernya.  Ia juga mencatatkan akurasi tripoin 38,3 persen. Sayangnya, cedera ini harus menghentikan langkah Hayward untuk sementara waktu. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar