IBL

Boston Celtics harus rela kehilangan gim perdana final Wilayah Timur atas Miami Heat setelah Bam Adebayo tampil super dengan sebuah blok di detik-detik akhir pertandingan yang berlanjut hingga tambahan waktu tersebut. Meski kalah, Celtics menunjukkan bahwa sebagai tim muda, mereka bisa memberi ancaman berarti dengan total waktu keunggulan yang lebih lama dari Heat.

Ketangguhan Celtics juga perlu diakui mengingat mereka tampil tanpa salah satu pilar andalan mereka, Gordon Hayward. Ya, Hayward mengalami cedera engkel sekitar empat minggul lalu dan Celtics memberinya status “out” selama itu juga. Namun, terbaru, jelang gim 2, Celtics mengubah status Hayward menjadi “doubtful” atau yang berarti sangat diragukan untuk tampil.

Hayward memang tampaknya masih akan absen di gim 2. Akan tetapi, perubahan status ini bisa dibilang adalah peningkatan secara kondisi kesehatannya. Sedikit mengingatkan, saat cedera engkel lalu, prediksi waktu kembali Hayward adalah empat minggu. Artinya, seharusnya Hayward sudah membaik dan dalam waktu dekat mungkin akan kembali ke skuad.

(Baca juga: Cedera Engkel Cukup Serius, Celtics Ditinggal Gordon Hawyard Empat Minggu)

“Saya rasa ia akan kembali di salah satu gim final Wilayah Timur,” ujar Brad Stevens kepada awak media tentang Hayward usai gim 7 lawan Toronto Raptors. “Namun, jujur saya sendiri belum tahu kapan waktu pastinya ia bisa kembali dalam skuad,” lanjutnya.

Tanpa Hayward, Celtics menggeser Marcus Smart ke barisan utama. Smart pun menjawab kepercayaan ini dengan baik terbukti dengan sumbangsih poin yang tak sedikit dan akurasi tripoin yang luar biasa selama melawan Raptors dan gim perdana lawan Heat lalu. Pun demikian, kehadiran Hayward bisa membuat skuad ini jauh lebih fleksibel utamanya saat melakukan tukar jaga (switch).

Di sisi lain, statistik menunjukkan bahwa Celtics memiliki rekor menang-kalah (34-18) saat Hayward ada dalam skuad. Kemampuan bertahan Hayward yang mumpui dengan postur yang baik membuatnya bisa menjaga pemain dari posisi garda hingga forwarda tanpa masalah berarti.

Namun, ada satu kabar buruk lain yang menanti para penggemar Celtics. Cedera bukanlah satu-satunya halangan yang akan dihadapi oleh Hayward. Sebelum playoff dimulai, Hayward sempat mengutarakan niatnya untuk meninggalkan “gelembung” di bulan September untuk menemani istrinya melahirkan anak keempat mereka. Hingga kini, Hayward tak memberi komentar tambahan tentang ini dan ia masih ada di dalam “gelembung”. Namun, jika nantinya istri Hayward melahirkan di suatu waktu di bulan September, maka Celtics berpeluang kehilangan Hayward sepanjang final Wilayah Timur ini. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar