IBL

Bukan tripoin, bukan sebuah tembakan fadeaway, atau pola tepisan masuk, gim perdana final Wilayah Timur antara Boston Celtics dan Miami Heat ditentukan melalui sebuah blok. Adalah Bam Adebayo yang melakukan blok di sisa dua detik pertandingan (tambahan waktu) kepada Jayson Tatum dengan selisih poin kedua tim hanya dua poin. Blok yang lantas berujung rebound dan Bam dilanggar oleh pemain Celtics. Hanya satu dari dua tembakan gratisnya yang masuk, tapi sudah cukup untuk menutup gim yang digelar Selasa, 15 September 2020, waktu setempat, dengan kemenangan Heat 117-114.

Sebelum kejadian blok tersebut, Jimmy Butler lebih dulu tampil heroik. Tepat satu penguasaan bola sebelumnya, Jimmy melakukan sebuah layup sulit di hadapan Tatum yang berujung juga tambahan satu tembakan gratis. Tiga poin Jimmy ini yang membuat Heat akhirnya unggul dua poin sebelum Celtics mengambil timeout terakhir mereka.

Top skor Heat di gim ini sendiri adalah Goran Dragic yang mencetak 29 poin, 7 rebound, dan 4 asis. Dragic memasukkan 11/19 tembakannya (58 persen). Jae Crowder menambahkan 22 poin dan 5 rebound dengan 5/9 tripoin (56 persen).

Butler sendiri sebenarnya tak cukup produktif usai hanya mencetak 20 poin dari 7/14 tembakan (50 persen). Akan tetapi, Jimmy menunjukkan ketangguhannya dengan 5 rebound, 5 asis, dan 2 steal. Bam menutup gim dengan 18 poin, 6 rebound, 9 asis, dan 2 blok sedangkan Tyler Herro nyaris tripel-dobel dengan 12 poin, 11 rebound, dan 9 asis. Herro juga layak mendapat kredit usai tripoinnya di akhir-akhir kuarter empat membuat Heat berhasil memaksa gim lanjut ke tambahan waktu.

Dari Celtics, meski terkena blok, Tatum adalah top skor untuk timnya, bahkan top skor gim ini. Selama 43 menit di lapangan, Tatum mencetak 30 poin, 14 rebound, 5 asis, 3 steal, dan 2 blok. Tatum memasukkan 10/24 tembakan (42 persen). Sayangnya, dua dari 14 tembakannya yang meleset, terjadi di masa penentuan akhir kuarter empat dan tambahan waktu.

Marcus Smart sebenarnya cukup wangi di gim ini dengan 26 poin dari 6/13 tripoin (46 persen). Kemba Walker menambahkan 19 poin dan 6 asis, Jaylen Brown 17 poin dan 5 rebound, sedangkan Brad Wannamaker memimpin barisan cadangan dengan 11 poin, 6 asis, plus 5 steal. Brad adalah pemain cadangan Celtics pertama yang mampu membuat 5 steal sejak 1983.

Hasil ini membuat Heat belum pernah kalah di gim pertama sebuah seri playoff musim ini. Mereka unggul (1-0) dan akan memainkan gim kedua lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar