IBL

Gim 2 final Wilayah Timur yang berlangsung Kamis, 17 September 2020, waktu setempat, berjalan layaknya gim perdana. Boston Celtics mengambil alih jalannya pertandingan di dua kuarter pertama. Di gim 2 ini, Celtics bahkan sempat unggul 17 poin di kuarter dua dan total mencetak 60 poin. Namun, di paruh kedua, Heat mengubah cara bertahan mereka dengan sistem zona (zone defense). Dengan rotasi yang tangguh, Heat membuat Celtics tak berkutik dan hanya mencetak 41 poin. Heat akhirnya kembali meraih kemenangan dengan skor akhir 106-101.

Kuarter tiga jadi penentu pertandingan ini. Pertahanan zona Heat memang layak mendapat kredit, namun serangan mereka juga luar biasa di kuarter ini. Anak-anak asuh Erik Spoelstra total mencetak 37 poin dan menahan Celtics hanya 17 poin di kuarter ini. Kunci serangan Heat adalah permainan pick n roll yang mengandalkan Bam Adebayo. Bam sendiri mencetak 16 poin, di kuarter ini saja.

Bam bisa dibilang adalah bintang kemenangan Heat (lagi). Jika di gim pertama ia jadi bintang karena blok di detik-detik akhir, di gim ini ia lebih menguasai pertandingan secara keseluruhan. Bam dobel-dobel dengan 21 poin, 10 rebound, dan 4 asis. Ia memasukkan 10/16 tembakan (62 persen). Top skor Heat di gim ini sama seperti di gim pertama, Goran Dragic. Selama 34 menit, Dragic mencetak 25 poin dan 5 asis dari 10/19 tembakan (52 persen).

(Baca juga: Blok Bam Adebayo Amankan Gim Perdana Final Wilayah Timur untuk Heat)

Duncan Robinson yang tampil melempem di gim sebelumnya kembali menemukan sentuhannya. Selama 32 menit, Duncan mencetak 18 poin hasil dari 6/12 tripoin (50 persen). Ya, seluruh percobaan tembakan Duncan adalah tripoin. Jimmy Butler menyusul dengan 14 poin dan 4 steal. Tiga dari empat steal Jimmy tercipta di kuarter empat. Jae Crowder menambahkan 12 poin sedangkan Tyler Herro memimpin barisan cadangan dengan 11 poin, 9 rebound, dan 5 asis.

Dari Celtics, empat pemain mencetak dua digit poin dengan tiga di antaranya membukukan lebih dari 20 poin. Kemba Walker jadi top skor tim dengan 23 poin dan 7 rebound. Jaylen Brown menambahkan 21 poin dan 6 rebound sementara Jayson Tatum juga mencetak 21 poin yang ditambah 5 rebound. Marcus Smart menutup daftar dengan 14 poin.

Hasil ini membuat Heat kini unggul (2-0) dan secara keseluruhan playoff 2020 meraih 10 kali kemenangan dan hanya satu kali kalah. Gim 3 akan digelar, lusa, waktu setempat. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar