IBL

Usai kekalahan di gim kedua putaran pertama playoff dari Los Angeles Lakers, bintang Portland Trail Blazers, Damian Lillard, mengalami cedera dislokasi telunjuk kiri. Sebelum ini, rekan duet Lillard di barisan garda, C.J. McCollum, juga sudah mengalami cedera punggung. Keduanya memang memutuskan tetap akan bermain, tapi cedera bisa jadi penghalang performa keduanya.

Buruknya lagi, kabar cedera dua bintang Blazers tersebut belumlah akhir dari rangkaian kabar buruk yang mendatangi. Satu lagi kabar buruk kali ini datang dari forwarda mereka, Zach Collins. Dilansir oleh ESPN, Zach yang belum sekalipun bermain di dua gim playoff ini akan menjalani operasi atas cedera engkel yang ia derita. Operasi itu otomatis akan mengakhiri musim Collins lebih cepat. Ia tidak akan kembali meski Blazers melaju hingga final.  

Cedera engkel ini terjadi di “play-in games” melawan Memphis Grizzlies untuk menentukan siapa tim terakhir yang lolos ke playoff. Blazers memang menang, tapi Collins hanya bermain tujuh menit sebelum akhirnya tertatih keluar lapangan. Rabu, 19 Agustus 2020, waktu setempat, Blazers mengumumkan masih akan memantau kondisi engkel Collins setidaknya hingga satu minggu ke depan. Namun, tampaknya hasil MRI cukup buruk dan ia harus naik meja operasi. 

(Baca juga: Damian Lillard dan CJ McCollum Tetap Akan Bermain Meski Cedera)

Collins sendiri sudah cukup mendapatkan masalah dari cedera sepanjang musim ini. Cedera bahu yang ia derita di gim ketiga awal musim lalu membuatnya absen nyaris sepanjang musim. Hiatus NBA membuatnya mendapatkan waktu lebih untuj pulih dan akhirnya bisa bermain penuh di delapan gim musim reguler yang digelar di “gelembung”.

Dalam 11 gim tersebut, Collins memiliki rataan 7,0 poin dan 6,3 rebound per gim. Sebagai seorang forwarda modern, Collins memiliki akurasi tripoin yang lumayan bagus di angka 37 persen. Sayangnya, ia hanya melepaskan 1,7 percobaan per gim. Namun, akurasi ini sudah meningkat cukup jauh dari tiga musim lalu di mana ia memulai debut di NBA yang hanya 31 persen.

Tanpa Collins, bisa dipastikan rotasi pemain Blazers di lapangan depan akan semakin terbatas. Sebelumnya, mereka sudah dipastikan kehilangan Trevor Ariza yang tak ikut ke “gelembung” dan Rodney Hood yang cedera ACL. Nassir Little yang diharapkan bisa mengisi kekosongan juga belum bermain di “gelembung” meski ada dalam skuad. Ia dilaporkan mengalami syncopal episode atau pingsan saat berlatih dengan tim 12 Agustus lalu. Hasil pemeriksaan menunjukkan ia mengalami dehidrasi  dan akan terus dipantau kesehatannya hingga dua minggu sejak kejadian.

Blazers kini hanya punya pilihan Carmelo Anthony dan Wenyen Gabriel di posisi ini. Di luar keduanya, Blazers mungkin bisa memakasakan Mario Hezonja atau memberi kepercayaan ruki, Jaylen Hoard, mengisi rotasi menit bermain. Blazers harus mencari rotasi terbaik guna mengatasi keunggulan barisan lapangan depan Lakers yang dihuni LeBron James, Anthony Davis, Kyle Kuzma, hingga Markieff Morris. (DRMK)

Foto: NBA

 

Komentar