IBL

Salah satu koleksi berharga di kalangan penggemar basket adalah Kartu Bola Basket (Basketball Cards). Tetapi ada banyak kartu yang nilai jualnya fantastis. Baru-baru ini sekotak atau tepatnya satu karton kartu basket dari edisi musim 1986-87 yang belum dibuka segelnya, terjual dengan harga AS$1,78 juta rupiah. Ini setara dengan kurang lebih Rp 24 miliar. Kotak tersebut begitu mahal karena di dalamnya ada kartu ruki Michael Jordan.

Collect Auctions menyebut kotak tersebut sebagai "the Holy Grail of all modern items", atau Cawan Suci semua barang modern. Kemungkinan jadi satu-satunya yang tersisa dari para pengumpul kartu olahraga langka. Kotak yang belum dibuka ini berisi 12 kotak kecil dan 36 kartu. Kotak ini masih disegel oleh perusahaan pembuatnya yaitu Fleer.

"Sesekai, satu kotak kartu basket memang ditawarkan di lelang. Atau beberapa kotak kecil di dalamnya, juga sering dijual di situs lelang. Tetapi kami belum pernah mendapatkan kotak yang belum dibuka, dan masih disegel oleh pabrik." Itu deskripsi yang ditulis di website rumah lelang Collect Auctions.

Kartu yang paling didambakan dari edisi tahun 1986-87 adalah kartu ruki Michael Jordan. The Action Network memperkirakan bahwa dalam kotak tersegel tersebut ada 36 kartu ruki Michael Jordan, dan 36 stiker. Kartu ruki Jordan edisi tahun 1986-87 masih menduduki peringkat tertinggi sebagai kartu basket termahal. Pernah terjual seharga AS$99,6 ribu setelah penayangan film dokumenter "The Last Dance".

Baca Juga: "The Last Dance" Mengudara, Memorabilia Michael Jordan Naik Harga

Kemungkinan lain, kotak tersegel ini juga berisi beberapa kartu ruki lainnya seperti Danny Ainge, Charles Barkley, Clyde Drexler, Joe Dumars, Patrick Ewing, Karl Malone, Chris Mullin, Hakeem Olajuwon, Isaiah Thomas, Dominique Wilkins, dan James Worthy.

"Prospek dari kotak tersegel ini sangat besar. Salah satu dari kotak kecil di dalamnya saja bisa laku seharga AS$100 ribu. Bahkan bisa lebih mahal, bila itu isi dari kotak tersegel ini," kata pejabat Collect Auctions. "Sementara, untuk Jordan sendiri, tersedia cukup banyak di dalam kotak tersegel, ada sekitar 36 sampai 40 kartu."

Sayangnya identitasl pembeli "A Sealed Case" tersebut tidak diungkapkan. Collect Autions menutup lelang tersebut dengan harga terjual sebesar AS$ 1.789.717. (tor)

Foto: Sports Collector

Komentar