IBL

Film dokumenter Michael Jordan dan Chicago Bulls, “The Last Dance” terus menjadi perbincangan selepas rilis pada 19 April 2020, waktu setempat. Cerita-cerita di balik layar kejayaan Bulls dan kehebatan MJ membuat seluruh penonton tak henti-henti membicarakan hal ini. Secara statistik, “The Last Dance” kabarnya meraup rata-rata 6,1 juta penonton dalam setiap episodenya.

Dengan antusiasme setinggi itu, “The Last Dance”  juga lantas menghadirkan efek domino. Dalam hal ini, berbeda dengan pandemi virus korona yang menghadirkan efek domino negatif, efek domino “The Last Dance”  sangat positif, utamanya untuk para penjual barang-barang koleksi MJ.

Dilansir oleh The Source, permintaan kepada barang-barang memorabilia MJ naik drastis bersamaan dengan keluarnya “The Last Dance.”  Mulai dari jersey, sepatu, dan pernak-pernik kecil yang berhubungan dengan MJ benar-benar laku di pasaran. Terbaru, kartu basket di musim ruki MJ memecahkan rekor harga penjualan.

Kartu MJ yang rilis pada 1986-1987 baru saja laku seharga AS$51 ribu melalui rumah lelang Robert Edward Auctions. Harga ini naik 10 kali lipat dari saat pembelian pertama yang dilakukan rumah lelang tersebut pada 2005 yang hanya seharga AS$5 ribu.

Kartu tersebut memang menjadi yang paling mahal. Akan tetapi, secara keseluruhan, permintaan atas kartu-kartu MJ yang tersisa di pasaran memang sangat tinggi. Professional Sports Authenticators (PSA) menyebutkan, mereka baru saja memeriksa total 18.859 kartu MJ dan memberikan penilaian 1 – 10 berdasarkan kondisinya.

Kartu yang laku seharga AS$51 ribu tersebut memang memiliki nilai 10. Dan masih ada sekitar 300 kartu lain yang juga memiliki nilai 10. Sementara itu, sisa kartu lainnya memiliki nilai beragam dengan harga terendah berada di AS$2 ribu. Semua kartu ini tersebar di berbagai toko lelang. Nantinya, setiap ada penjualan, toko lelang akan memberikan laporan kepada PSA untuk pencatatan.

Memorabilia pemain-pemain besar NBA memang menjadi banyak buruan kolektor. Tak hanya milik MJ, beberapa waktu yang lalu, handuk yang digunakan mendiang Kobe Bryant saat pidato perpisahaan dan jersey ruki LeBron James juga laku dengan harga fantastis. Apalagi ditambah dengan hype tinggi “The Last Dance” rasanya memorabilia MJ lainnya juga akan memecahkan rekor harga dalam beberapa waktu ke depan. (DRMK)

Foto: NBA, Amazon

 

Komentar