IBL

Goldin Auction mencatat rekor baru untuk harga kartu rookie Fleer Michael Jordan 1986-1987. Baru dua pekan lalu dipajang, kartu dengan penilaian PSA 10 Gem Mint ini masing-masing dijual seharga AS$738 Ribu atau setara dengan 10,3 miliar rupiah. Kartu ini sekarang jadi barang investasi yang sangat diminati, karena harganya terus melambung tinggi.

Faktanya, kartu rookie Michael Jordan ini tidak langka. Profesional Sports Authenticator (PSA) yang memeriksa keaslian kartu-kartu basket, mengaku sudah memeriksa lebih dari 18 ribu kartu Michael Jordan dari berbagai produsen. Namun kartu rookie produksi Fleer yang bergambar Michael Jordan 1986-87 merupakan kartu basket paling populer yang pernah dibuat. Harganya terus naik, tergantung kondisi kartu tersebut. Dari semua memorabilia Michael Jordan, kartu rookie 1986-87 produksi Fleer ini menduduki peringkat teratas. Baik soal harga dan popularitasnya.

Seperti dilansir hypebeast.com, kartu tersebut sebulan lalu masih ada di kisaran AS$500 ribu. Bila ditarik mundur, maka ada catatan yang menarik. Pada bulan Desember 2019 kartu Fleer Michael Jordan 1986-87 dengan PSA 10 Gim Mint laku seharga AS$32 ribu. Kemudian pada Desember 2020 kartu yang sama terjual dengan harga AS$211,5 ribu, dan pada 3 Januari 2021 harganya naik menjadi AS$217 ribu. Harganya terus naik sampai pada awal bulan Februari menyentuh angka AS$738 ribu per buah.

(sumber foto: hypebeast.com)

Kenaikan harga tersebut dipicu dari pemberitaan tentang kartu tersebut yang dibuat oleh PSA. Mereka mengumumkan, dari 18 ribu kartu Michael Jordan yang sudah diperiksa, hanya ada 316 kartu yang dinilai punya Gem Mint 10. Penilaian tersebut berdasarkan pada keaslian, sampai kondisi kartu tersebut. Sebab kartu-kartu lama rentan rusak, terutama sudut kartu. Kalau bagian tersebut rusak, maka nilainya juga turun. Sementara dari jumlah 316 kartu tersebut, belum diketahui berapa yang bergambar Michael Jordan di musim debutnya. 

(sumber foto: beckett.com)

Dulu kartu ini dijual seharga 50 sen. Memang produk ini tidak sukses pada awal kemunculannya. Setelah Michael Jordan menjadi bintang internasional, popularitas kartu basket tersebut juga ikut terseret naik. Kartu yang awalnya dipegang oleh anak-anak penggemar Michael Jordan, kini jadi barang bernilai investasi tinggi. Ditambah lagi, anak-anak yang dulu hanya mengidolakan Michael Jordan, kini sudah dewasa dan punya kemampuan untuk membelinya dengan harga tinggi.

"Ada individu-individu dengan kekayaan tinggi yang signifikan, yang telah memutuskan untuk berinvestasi jutaan dolar ke dalam kartu olahraga," kata Ken Goldin selaku endiri Goldin Auctions. "Sementara ada orang-orang kaya baru yang tertarik berinvestasi setiap hari."

Dikutip dari Sports Collector Daily, dari September 2013 hingga 20 Februari 2014, belum ada kartu Michael Jordan dengan peringkat 8,5 terjual seharga ribuan dolar Amerika Serikat. Tapi sekarang, kartu dengan kondisi lebih buruk dari itu laku di lelang. Kemudian kartu dengan kualitas dan kondisi terbaik harganya mencapai ratusan ribu dolar Amerika Serikat.

Menurut Rich Mueller dari Sports Collector Daily, sekarang adalah waktu yang tepat untuk mendapatkan uang banyak dari berjualan kartu Michael Jordan. Salah satu cara tercepat adalah menjual kartu yang sudah dipastikan keaslian dan kondisinya di eBay. Namun bila punya peringkat lebih dari 8,5 sampai 10 untuk Gem Mint, sebaiknya masuk rumah lelang saja. Karena harganya bisa lebih tinggi. (tor)

Foto: Hypebeast

Komentar