IBL

Satya Wacana Salatiga berkomitmen mengikuti lanjutan IBL 2020. Meski dengan segala keterbatasan yang ada. Mereka akan tampil dengan sembilan pemain saja. Saat ini, latihan dilakukan secara bertahap.

Sembilan pemain yang disiapkan yaitu Andre Adrianno, Elyakim Tampa'i, Antoni Erga, Ardian Ariadi, David Liberty Nuban, Farid Azizi, Henry Lakay, Alexander Franklyn, dan Daniel Anggoro. Mereka kini sudah berada di Salatiga untuk segera melahap program latihan sebagai persiapan menuju lanjutan IBL, bulan Oktober nanti.

"Nanti bulan Oktober kami hanya bermain dengan sembilan pemain. Bryan (Elang) masih cedera, Cio (Cassiopeia Thomas Manuputty) juga masih terapi penguatan setelah operasi. Jadi memang hanya sembilan pemain ini yang siap," kata Efri Meldi, kepala pelatih Satya Wacana.

Efri Meldi juga menyiapkan beberapa skenario terkait program latihan di masa pandemi virus korona. Di kota Salatiga, gedung olahraga sudah boleh dibuka. Tetapi Satya Wacana akan menerapkan latihan tertutup. Ini seesuai protokol kesehatan yang ditetapkan IBL.

Tim basket Satya Wacana juga mendapatkan beberapa anjuran dari pihak kampus UKSW (Universitas Kristen Satya Wacana) yang menaungi mereka. Pertama, untuk bisa berlatih mereka harus mendapatkan izin dari pihak Gugus Covid-19 UKSW.

"Kalau pun bisa latihan, kami akan berlatih setelah pukul 15.00 WIB. Lalu protokol kesehatan harus dilaksanakan dengan benar, dan peralatan disiapkan oleh tim Satya Wacana sendiri. Begitulah hasil pertemuan kami dengan pihak kampus," imbuh Meldi.

Untuk latihan sendiri, Efri Meldi akan memulai dengan latihan individu. Masing-masing pemain akan mendapatkan porsi yang rata. Lalu dari sembilan pemain itu dibagi menjadi dua kelompok dengan jam latihan yang berbeda.

Latihan secara bertahap memang jadi anjuran dari IBL. Sembari mengembalikan fisik dan fundamental pemain yang sempat turun selama hiatus. Diharapkan latihan secara bertahap juga bisa mencegah penularan virus korona. Efri Meldi juga menegaskan belum ada kontak fisik sesama pemain setidaknya untuk sebulan ke depan.

IBL rencananya akan dilanjutkan pada 13-27 Oktober 2020 mendatang. Sistem pertandingannya langsung ke babak playoff. Tetapi dibagi menjadi dua putaran. Putaran pertama, lima tim terbawah akan bertanding dengan sistem round-robin, untuk dieliminasi satu tim. Selanjutnya putaran kedua langsung ke babak perempat final dengan sistem gugur.

Baca Juga: IBL 2020 Dilanjutkan Bulan Oktober, Mundur dari Rencana Semua

Satya Wacana ada di urutan terbawah di klasemen IBL 2020. Dari 12 pertandingan yang sudah dijalani, mereka baru menang tiga gim. Sehingga mereka perlu bekerja keras untuk bisa lolos ke perempat final. (tor)

Foto: Hariyanto

Komentar